dc.identifier.citation | Allen, J.P.B., & Widdowson, H.G. 1987. Teaching the Communicative Use of English. Oxford: Oxford University Press. Anonim. 2003. Pengembangan Silabus Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK.). Jakarta: Ditjen Dikdasmen. ——————. 2003. Standar Kompetensi Kurikulum 2004 Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMA dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas. Bailey, Kathleen M. 2005. Practical English Language Teaching Speaking. New York: McGraw-Hill. Byram, Michael,. & Fleming, Michael. 1998. Language Learning in Intercultural Perspective. Cambridge, United Kingdom: Cambridge University Press. Cohen, Louis, et al. 2000. Research Methods in Education. London & New York: Routledge Falmer. Cunningsworth, Alan. 1995. Choosing Your Coursebook. Great Britain: The Bath Press. Gage and Berliner. 1984. Educational Psychology. London: Houghton Mifflin Company. Gall, Meredith D. & Gall, Joyce P. 2003. Educational Research: An Introduction (Seventh Edition). Boston: Pearson Education, Inc. Garner, Mark. 2005. “Language Ecology as Linguistic Theory” dalam Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra Terakreditasi No. 34/DIKTI/Kep/2003 ISSN 0852-9604, Vol.17 No. 33, eds Desember 2005, Halaman 91-101. Surakarta: Jurusan PBS FKIP-UMS. Gronlund, Norman E. 1978. Stating Objectives for Classroom Instruction: Second Edition. New York: Macmillan Publishing Co., Inc. Hermayawati. 2004. “Early Assessment on The Competency-Based Curriculum of English Subject in the Senior High School” dalam Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra Terakreditasi No. 34/DIKTI/Kep/2003, ISSN 0852-9604 Vol.16 No. 31, eds Desember 2004 Halaman 149-158. Surakarta: Jurusan PBS FKIP-UMS. —————. 2007. The Relevance of English Learning Materials at the Senior Highschools to the Culture’s Conservation and Tourism Development in Yogyakarta City: Makalah hasil penelitian disajikan dalam Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, terakreditasi ISSN 1693-623X Vol. 5, No. 1, edisi April 2007. Surakarta: Prodi PBI PPs UNS. Ismail, Taufiq. 2002. Setelah Menguap dan Tertidur 45 Tahun: Makalah disajikan pada Pertemuan Ilmiah HISKI UAD Yogyakarta, 8-10 september 2002. Yogyakarta: UAD Press. Krashen, Steven D. 1985. The Natural Approach: Language Acquisition in the classroom. Englewood Cliffs, New Jersey 07632: Alemany Press Regents/Prentice Hall. Linton, Ralph. 1936. The Study of Man (An Introduction). New York: Appleton-Century- Crofts, Inc. Madya, Suwarsih. 2003. The Substances of the English Competency-Based Curriculum (A paper presented in the Seminar on “The EFL CBC Application and Hindrances). Yogyakarta: UAD Press. McDonough, Jo. & McDonough, Steven. 1997. Research Methods of English Language Teachers. New York: St Martin’s Press Inc. Mukminan. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Tuntutan Kompetisi Global: (Makalah disampaikan pada : Seminar dan Lokakarya Pendidikan 24 Mei 2003). Yogyakarta: PPS-UNY. Nunan, D. 1992. Research Method in Language Learning. Cambridge: Cambridge University Press. Nurkamto, Joko. 2000. Pendekatan Komunikatif: Penerapan dan Pengaruhnya terhadap Pemelajaran Bahasa Inggris (Laporan Hasil Penelitian untuk Disertasi). Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. ———. 2003. Problema Pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia: Makalah disajikan dalam Jurnal Ilmiah MLI, terakreditasi ISSN 0215-4846 eds. Agustus 2003 Tahun ke 21, Nomor 2. Jakarta: MLI. Oliva, Peter F. 1982. Developing the Curriculum. Boston Toronto: Little, Brown and Company. O’malley, J.Michael. & Pierce, Valdez, Lorraine. 1996. Authentic Assessment for English Language Learners: Practical Approaches for Teachers. USA: Addison-Wesley Publishing Company, Inc. Richards, JC. 2001. Curriculum and Materials Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press. Richards, Jack C. & Rodgers, Theodore S. 2001. Approaches and Methods in Language Teaching (Second Edition). Cambridge: Cambridge University Press. Soedijarto, 1993. Menuju Pendidikan yang Relevan. Jakarta: Balai Pustaka. Sukmadinata, Syaodih, Nana. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi (Bahan ceramah dalam Lokakarya Penyusunan KBK Kantor Kopertis Wilayah IV). Bandung: UPI. Valdes, Merrill, Joyce. 1996. Culture Bound: Bridging the cultural gap in language teaching. Cambridge: Cambridge University Press. | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran bahasa Inggris komunikatif melalui apresiasi karya sastra saat ini
dipandang efektif untuk penguasaan kompetensi berbahasa selain sebagai sarana
untuk menjembatani kesenjangan budaya antarbangsa. Masalahnya, belum semua
guru di sekolah menengah menyadarinya. Oleh sebab itu, penelitian studi kasus ini
bertujuan menganalisis pengajaran bahasa Inggris melalui kegiatan apresiasi karya
sastra di SMA. Subjeknya adalah guru bahasa Inggris SMA 8 Yogyakarta. Objeknya
adalah proses pembelajaran bahasa Inggris. Data penelitian ini berupa hasil wawancara
mendalam dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan model McDonough
& McDonough. Hasil penelitian menunjukkan: hanya ada seorang guru yang mengembangkan
kemampuan berbahasa melalui kegiatan apresiasi karya sastra, waktu
pembelajarannya 4 kali tatap muka (@ 90 menit), materi disediakan oleh guru,
hanya ada satu buku yang wajib dikembangkan, yaitu “Lorna and John”, dan
penilaiannya ditujukan untuk menilai kecakapan berbicara. Rekomendasi penelitian ini adalah apresiasi karya sastra hendaknya diajarkan di SMA, semua guru hendaknya
berkomitmen mengembangkan sikap apresiatif siswa terhadap karya sastra melalui
pengembangan keterampilan berbahasa, dan sekolah menyediakan berbagai karya
sastra berbahasa Inggris terutama hasil karya pengarang dunia. | en_US |