dc.identifier.citation | Austin, J.L. 1962. How to Do Things with Words. Oxford: Clarendon Press. Brown, P. & Levinson, S.C. 1978. “Universals in language Usage: Politeness Phenomena”. In E. Goody, Questions and Politeness: Strategies in Social Interaction. Cambridge: Cambridge University Press. Bruce, F. 1983. “The Domain of Pragmatics”. In J.C. Richards & R.W. Schmidt (Eds.), Language and Communication. London & New York: Logman. Canale, M. 1983. “From Communicative Competence to Language Pedagogy”. In J.C. Richards & R.W. Schmidt (Eds.), Language and Communication. London & New York: Logman. Coulthard, M. 1985. An Introduction to Discourse Analysis, 2nd Ed. London: Longman. Divignaud, J. 1973. “The Theatre in Society: Society in the Theatre”. In E. Burns & T. Burns, Sociology of Literature and Drama. Harmondsworth: Penguin Education. Drew, P. & Curl, T. 2008. “Conversation Analysis”. In V.K. Bhatia, J. Flowerdew & R.H. Jones, Advances in Discourse Studies. Oxon: Routledge. Fairclough, N. 1989. Language and Power. London & New York: Longman. Fowler, R. 1986. Linguistic Criticism. Oxford & New York: Oxford University Press. Fraser, B. 1983. “The Domain of Pragmatics”. In J.C. Richards & R.W. Schmidt (Eds.), Language and Communication. London & New York: Logman. Grice, H.P. 1975. “Logic in Conversation”. In P.Cole & J.L. Morgan (Eds.), Syntax and Semantics 3: Speech Acts. New York: Academic Press. Grice, H.P. 1978. “Further Notes on Logic in Conversation”. In P.Cole & J.L. Morgan (Eds.), Syntax and Semantics 9: Pragmatics. New York: Academic Press. Halliday, M.A.K. 1985. An Introduction to Functional Grammar. London: Edward Arnold. Halliday, M.A.K. & Hasan, R. 1976. Cohesion in English. London: Longman. Herman, V. 1995. Dramatic Discourse: Dialogue as Interaction in Plays. London & New York: Routledge Higgleton & Seaton, Eds. 1995. Chambers Essential English Dictionary. Edinburgh: Chambers English. Hymes, D. 1972. “Models of the Interaction of Language and Social Life”. In J.J. Gumperz & D. Hymes (Eds.), Directions in Sociolinguistics. New York: Holt, Rinehart and Wiston, Inc. Kreidler, C.W. 1998. Introducing English Semantics. London & New York: Routledge. Leech, G. 1983. Principles of Pragmatics. London: Longman. Levin, H. 1973. “Literature as an Institution”. In E. Burns & T. Burns, Sociology of Literature and Drama. Harmondsworth: Penguin Education. Levinson, S.C. 1983. Pragmatics. Cambridge: Cambridge University Press. Malmkjaer, K. 1991. “Pragmatics”. In K. Malmkjaer & J.M. Anderson, The Linguistics Encyclopedia. London & New York: Routledge. Richards, J.C & Schmidt, R.W. 1983. “Conversational Analysis”. In J.C. Richards & R.W. Schmidt (Eds.), Language and Communication. London & New York: Logman. Searle, J.R. 1969. Speech Acts: An Eassy in the Philosophy of Language. Cambridge: Cambridge University Press. Thomas, J. 1996. Meaning in Interaction. New Yong: Longman. Data: Noer, A.C. 1970. Kapai Kapai. Jakarta: Pustaka Jaya. | en_US |
dc.description.abstract | Artikel ini membahas analisis percakapan terhadap drama Kapai-Kapai karya
Arifin C Nur, khususnys bagian II adegan 8. Drama ini dianalisis sebagai teks,
bukan sebagai bentuk pementasan. Teori yang digunakan untuk menganalis teks
tersebut adalah (1) Kerangka teori yang digunakan dalam analisis adalah: (1)
prinsip-prinsip percakapan dalam ethnography of speaking milik Dell Hymes; (2)
tata cara analisis percakapan Richards & Schmidt; Drew & Curl di bawah payung
ethnomethodology oleh Malcolm Coulthard yang dipadu dengan prinsip-prinisp
tindak lokusi, ilokusi, dan perlokusi Searle dan Levinson; dan (3) prinsip-prinsip
dialog sebagai bentuk interaksi dalam drama yang dikembangkan oleh Vimala Herman. Hasil analisis menunjukkan bahwa analisis pecakapan sebagai salah satu
bentuk analisis wacana memanfaatkan berbagai teori tidak saja dari pragmatik,
tetapi juga dari sosiologi, sosiolinguistik, dan linguistik secara umum. Drama Kapai
Kapai, Bagian II/Adegan 8 merupakan dialog yang unik karena terjadi di alam
bawah sadar pelaku utamanya. Atas dasar keunikannya inilah barangkali analisis
drama ini menuntut beberapa teori sekaligus. Analisis wacana dengan dua teori
(ethnography of speaking dan ethnomethodology) terasa belum cukup, sehingga teori
lain, seperti psikologi atau komunikasi, masih diperlukan lagi untuk lebih dapat
mengungkapkan isi drama itu secara keseluruhan. | en_US |