dc.identifier.citation | Al-Qur,an dan Terjemahnya. (2002). Semarang: PT Karya Toha Putra. Abdurrahman, J. (2004). Pendidikan ala kanjeng nabi. Yogyakarta: Penerbit Mitra Pustaka. Adhim, M.F. (2005). Karena setiap anak berbeda. Hidayatulloh, Edisi 03/XVIII/Juli, hal 68-69. _______. (2008). Positive Parenting. Cara-carta Islami Mengembangkan Karakter Positif Anak Anda. Bandung: PT Mizan Pustaka. Crain, W. (2007). Theories of Development, Concepts and Applications. (Terjemahan: Yudhi Santosa). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Dialog Jum’at. (2005). Jangan abaikan Hak Anak. Tabloid Republika, Jum’at, 1 Juli. Gordon, T.(1989). Menjadi Orangtua Efektif. Petunjuk terbaru mendidik anak yang bertanggung Jawab. (terjemahan: Subardja, dkk.). Jakarta: PT. Gramedia. Hanan H.(2005). Anak Shalih. Investasi Dunia-Akherat. Hidayatulloh Edisi 03/XVIII/Julihal 26-27 Mubarok, A. (2003). Sunatullah dalam Jiwa Manusia. Sebuah pendekatan PsikologiIslami. Jakarta: The International Institute of Islamic Thought, IIIT Indonesia Papalia, D.E., Olds, S.W. and Feldman, R.D. (2009). Human Development, ed 10th.Perkembangan Manusia (Terjemahan: Brian Marwensdy). Jakarta: PenerbitSalemba Humanika. Prasetyaningrum, J. (2005a). Perlindungan Anak Dalam Perspektif Islam. Makalah.Sarasehan Peringatan Hari Anak Nasional 2005. “Perlindungan Anak dalamPerspektif Agama”. Kerjasama Yayasan Pengabdian Hukum Indonesia (YAPHI) dengan GKJ Dagen Palur, Surakarta, 31 Juli. ______. (2005b). Pola Asuh Anak. Makalah. Seminar IPTEK Pangan & Gizi, Progdi Gizi Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kamis, 13Oktober. ______. (2006). Islam dan Perlindungan Anak. Suatu Alternatif Solusi KekerasanPada Anak. Makalah dalam Proceeding. Seminar Nasional Kekerasan PadaAnak (Child Abuse). Sebab, Akibat dan Solusi. Tinjauan Psikologis, Medis, danYuridis. Prasetyaningrum, J., Hidayati, L.(2011). Efek Kombinasi Pola Asuh dengan Suplementasi Mikronutrien untuk Meningkatkan Fungsi Motorik Anak Usia 1-3 Tahun yang Anemia. Laporan Penelitian. LPPM-UMS Santrock, J.W. (2002). Life-span Development. (Terjemahan: Achmad Chusaeri dan Juda Damanik). Jakarta: Penerbit Erlangga. _______.(2007). Child Development. Eleventh edition (terjemahan: MilaRahmawati, dan Anna Kuswanti). Jakarta: Penerbit Erlangga. _______.(2009). Children. Ed.11th (terjemahan: Verawaty Pakpahan). Jakarta:Penerbit Salemba Humanika. | en_US |
dc.description.abstract | Anak adalah amanah Allah SWT yang dipercayakan kepada hambaNya. Setiap hamba yang
dipercaya untuk menerima amanahNya, memiliki tanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan itu. Ketika
orangtua mendapat kepercayaan dariNya untuk mengasuh anak, maka hal pertama yang perlu diketahui adalah
bahwa anak adalah pribadi khas yang memiliki kelebihan dan kekurangan, sehinggaanakharus diperlakukan
secara khas pula oleh orang dewasa di sekitarnya. Anak adalah makhluk yang memiliki potensi dan eksistensi,
oleh karenanya dalam proses pembentukan karakter harus diawali dengan menerima dan mengakui
keberadaannya.Kemudian, pada setiap fase perkembangan, anak membutuhkan dukungan dari lingkungan,
dalam bentuk pemberian nutrisi yang berkualitas (halal dan thoyyib), konsep dan harapan orangtua (do’a
orangtua) serta pola asuh islami serta teladan dari orangtua. Dengan demikian diharapkan karakter anak akan
berkembang secara optimal. | en_US |