Now showing items 1-20 of 40

    • PERILAKU MANUSIA DALAM KONSEP ISLAM JAWA 

      Kuswardani, Istiana (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Banyak konsep yang berkembang sesuai dengan kebudayaan asal teori itu muncul, sebagai contoh, masyarakat barat dikenal dengan budaya individualis, sedangkan masyarakat timur dengan budaya kolektivis. Hasil dari budaya ...
    • MODEL EVALUASI NILAI-NILAI LUHUR (MENIL) PADA PEMBELAJARAN SAINS, BERBASIS POTENSI DAERAH : SUATU PENDEKATAN MODEL 

      Winaryati, Eny (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Sains merupakan pengetahuan alam yang telah mengalami uji kebenaran melalui metode ilmiah dengan ciri: objektif, metodik, sistimatis, universal, dan tentatif. Sains sangat terkait dengan upaya memahami berbagai fenomena ...
    • SEKOLAH HOLISTIK : PENDIDIKAN KARAKTER ALA IHF 

      Fauziah, Amalia (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Indonesia Heritage Foundation adalah yayasan nonprofit yang hampir 12 tahun berkecimpung di bidang pendidikan karakter. Sembilan pilar karakter yang dicetuskan Ratna Megawangi yang kemudian dikenal sebagai pendidikan ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM JAWA 

      Sujoko (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Memiliki anak yang berkarakter, sholeh dan sholehah, jujur, disiplin, mau bekerja keras, kreatif, mandiri, gemar membaca, peduli lingkungan dan sosial, serta bertanggung jawab merupakan dambaan setiap keluarga. Usaha ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI 

      Arjanggi, Ruseno (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menberikan sumbangan pemikiran dan pengembangan aplikasi penelitian dalam pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran terutama di perguruan tinggi. Pendidikan karakter ...
    • 5/S SEBAGAI SALAH SATU PENDIDIKAN ETOS KERJA DI PT XYZ DI TANGERANG 

      Dipodjoyo, Gede Umbaran; Aslichati, Lilik (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Dunia kerja merupakan “dunia kecil” bagi masyarakat. Karena dapat dikatakan hampir semua kehidupan manusia ada di dalam situasi kerja. Sehingga pola, ayuran dan tata cara dalam bekerja sering kali merupakan “cermin” buat ...
    • PERAN ORANGTUA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER POSITIF ANAK 

      Hakim, Siti Nurina (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Terjadinya krisis moral pada masyarakat tampaknya telah terjadi. Dengan mudah dijumpai banyaknya penyimpangan sosial, perbuatan asusila yang dianggap wajar dan merajalelanya korupsi. Apabila fenomena krisis moral seperti ...
    • HUBUNGAN ANTARA KOHESIVITAS KELOMPOK DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN 

      O, Achmad Dwityanto; Amalia, Pramudhita Ayu (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kohesivitas kelompok dengan komitmen terhadap organisasi di PT. NA Pekalongan. Komitmen terhadap organisasi berfungsi sebagai variabel tergantung, sementara ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER DIPONEGORO 

      Abidin, Zaenal (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Diponegoro adalah salah satu pahlawan nasional yang sampai sekarang masih “hidup” di tengah-tengah bangsa Indonesia. Namanya tidak hanya diabadikan sebagai nama Universitas, tetapi juga untuk Kodam, bahkan untuk nama ...
    • PERAN RUANG TERBUKA SEBAGAI RUANG SOSIALISASI ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA 

      Setyowati, Suryaning (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Kebutuhan ruang terbuka sebagai ruang sosialisasi anak menjadi satu masalah di lingkungan perumahan dan permukiman. Keberadaan ruang terbuka di lingkungan perumahan dan pemukiman banyak dimanfaatkan untuk bangunan usaha, ...
    • KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PSIKOLOGI ISLAM 

      Mujib, Abdul (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Fungsi pendidikan adalah transformasi kebudayaan dan nilai kepada peserta didik, agar mampu memahami, menginternalisasikan dan menyampaikan kepada generasi berikutnya. Ada dua faktor pendidikan ialah faktor eksternal, ...
    • RESILIENSI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER 

      Uyun, Zahrotul (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Pendidikan formal secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak pada pengembangan karakter individu. Pendidikan karakter dapat dilakukan dengan mengembangkan kemampuan-kemampuan yang ada pada diri individu, antara ...
    • MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KECERDASAN MORAL ANAK USIA PRASEKOLAH DENGAN METODE DONGENG 

      Ahyani, Latifah Nur (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Membangun kecerdasan moral sangat penting dilakukan agar suara hati anak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, sehingga mereka dapat menangkis pengaruh buruk dari luar. Salah satu cara yang dapat digunakan ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER ( KAJIAN DARI TEORI EKOLOGI PERKEMBANGAN) 

      Na’imah, Tri (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Tulisan ini dilatar belakangi beberapa fenomena di masyarakat yang menunjukkan rendahnya karakter anak. Fenomena itu antara lain masih banyaknya kasus bullying di sekolah, tindak asusila, bahkan kriminalitas anak. ...
    • PROFIL KEPRIBADIAN 16 PF PELAKU DAN KORBAN BULLYING 

      Hertinjung, Wisnu Sri; Susilowati; Wardhani, Indrastiti Radna (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Penelitian ini bertujuan untuk memahami profil kepribadian pelaku dan korban bullying berdasarkan faktor-faktor kepribadiannya. Subjek penelitian adalah pelaku dan korban bullying di suatu SMA di kota Surakarta dan berusia ...
    • HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN VOKASIONAL DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMK 

      Hidayati, Dwi Istikhomah; Suparno (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kematangan vokasional dengan motivasi berwirausaha pada siswa SMK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Solo ...
    • PERILAKU KORUP DI MATA MAHASISWA 

      Falah, Falasifatul (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Salah satu faktor yang mempersulit gerakan perang terhadap korupsi adalah hipokrisi yang menjangkiti masyarakat dalam menyikapinya; di satu sisi korupsi dihujat, di sisi lain perilaku korup dianggap sebagai bagian dari ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH: APAKAH MENJADIKAN ANAK-ANAK LEBIH BAIK? 

      Karyani, Usmi (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Gencarnya sounding mengenai urgensi pendidikan karakter disambuat baik oleh banyak pihak, sehingga ghirah (semangat) melaksanakan pendidikan karakter cukup terasa di mana-mana. Pemerintah telah mencanangkan aksi nasional ...
    • MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELOMPOK BELAJAR DAN SELF EFFICACY 

      Partini (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Fakta yang ada di SMP Al-Muayyat Surakarta menunjukkan bahwa 77% siswa bila mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolah lebih memilih menanyakan kepada teman-temannya dari pada membuka referensi dari buku-buku ...
    • ANALISIS PERMASALAHAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PRA-SEKOLAH (Studi di TK Al Ghoniyyah Malang) 

      Ni’matuzahroh (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Pendidikan karakter merupakan sebuah proses panjang yang harus dilakukan sejak anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter mengingat ...