• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-08 RAPI 2009
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-08 RAPI 2009
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP PEMBENTUKAN CUSTOMER LOYALTY PADA JENIS MEREK PASTA GIGI DENGAN ANALISIS SEM (STRUCTURAL EQUATION MODELLING) (Studi Kasus: Mahasiswa UMS)

    Thumbnail
    View/Open
    9. Paper_I-014.pdf (153.0Kb)
    Date
    2009-12-17
    Author
    Alghofari, Ahmad Kholid
    Pratiwi, Indah
    Astuti, Purbosari Yudha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Persaingan global telah menuntut perusahaan untuk dapat mempertahankan produk yang ada dan eksis di pasar, untuk tetap stabil bahkan meningkat dalam penjualannya. Brand equity atau ekuitas merek adalah nilai dari suatu merek berdasarkan sejauh mana merek itu mempunyai loyalitas merek, kesadaran merek, anggapan mutu dan asosiasi merek dalam memasarkan produknya. Dalam kondisi semakin maraknya persaingan merek dalam kategori produk tertentu, perusahaan harus memiliki merek yang kuat (ekuitas merek yang tinggi) dan pelanggan yang loyal (customer loyalty yang tinggi). Ada 4 dimensi ekuitas merek (brand equity) yaitu kesadaran merek(brand awareness), loyalitas merek (brand loyalty), asosiasi merek (brand association) ,dan kesan kuallitas (perceived quality). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian konsumen terhadap ekuitas merek pasta gigi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan suatu merek sehingga membentuk konsumen yang loyal. Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi penyebaran kuesioner pada mahasiswa UMS dan pengolahan kuesioner menggunakan analisis deskriptif. Pengolahan melalui software AMOS 5.0 dalam SEM (Structural Equation Modeling) untuk mengetahui apakah brand equity berpengaruh besar dalam pembentukan customer loyalty. Dari hasil penelitian diketahui bahwa 32% mahasiswa UMS menggunakan pasta gigi merk Pepsodent, di mana dalam hal ini mempunyai keunggulan dalam hal harga dan kualitas. Adapun ekuitas merek (brand equity) dari merek-merek pasta gigi tersebut tidak berpengaruh signifikan dal hal pembentukan customer loyalty, hal ini terjadi karena terdapat dimensi dari brand equity tersebut ternyata tidak berpengaruh signifikan dalam pembentukan konsumen yang loyal. Dimensi tersebut yaitu brand loyalty dan brand association.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1884
    Collections
    • Simposium Nasional Ke-08 RAPI 2009

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV