ANALISIS PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP PEMBENTUKAN CUSTOMER LOYALTY PADA JENIS MEREK PASTA GIGI DENGAN ANALISIS SEM (STRUCTURAL EQUATION MODELLING) (Studi Kasus: Mahasiswa UMS)
View/ Open
Date
2009-12-17Author
Alghofari, Ahmad Kholid
Pratiwi, Indah
Astuti, Purbosari Yudha
Metadata
Show full item recordAbstract
Persaingan global telah menuntut perusahaan untuk dapat mempertahankan produk yang ada dan
eksis di pasar, untuk tetap stabil bahkan meningkat dalam penjualannya. Brand equity atau ekuitas
merek adalah nilai dari suatu merek berdasarkan sejauh mana merek itu mempunyai loyalitas merek,
kesadaran merek, anggapan mutu dan asosiasi merek dalam memasarkan produknya. Dalam kondisi
semakin maraknya persaingan merek dalam kategori produk tertentu, perusahaan harus memiliki
merek yang kuat (ekuitas merek yang tinggi) dan pelanggan yang loyal (customer loyalty yang tinggi).
Ada 4 dimensi ekuitas merek (brand equity) yaitu kesadaran merek(brand awareness), loyalitas merek
(brand loyalty), asosiasi merek (brand association) ,dan kesan kuallitas (perceived quality).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian konsumen terhadap ekuitas merek
pasta gigi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan suatu merek sehingga membentuk
konsumen yang loyal.
Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi penyebaran kuesioner pada mahasiswa UMS dan
pengolahan kuesioner menggunakan analisis deskriptif. Pengolahan melalui software AMOS 5.0
dalam SEM (Structural Equation Modeling) untuk mengetahui apakah brand equity berpengaruh
besar dalam pembentukan customer loyalty.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa 32% mahasiswa UMS menggunakan pasta gigi merk
Pepsodent, di mana dalam hal ini mempunyai keunggulan dalam hal harga dan kualitas. Adapun
ekuitas merek (brand equity) dari merek-merek pasta gigi tersebut tidak berpengaruh signifikan dal
hal pembentukan customer loyalty, hal ini terjadi karena terdapat dimensi dari brand equity tersebut
ternyata tidak berpengaruh signifikan dalam pembentukan konsumen yang loyal. Dimensi tersebut
yaitu brand loyalty dan brand association.