Show simple item record

dc.contributor.authorMaftuhah Hidayati, Yulia
dc.date.accessioned2012-11-30T07:09:19Z
dc.date.available2012-11-30T07:09:19Z
dc.date.issued2012-11-30
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2190
dc.description.abstractTujuan penelitian ini, antara lain (1) Untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) di SD Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta pada peserta didik kelas IV. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan menjumlahkan bilangan pecahan setelah mengikuti pembelajaran dengan metode kolaboratif tipe CTL pada peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta. (3) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik dalam belajar menjumlahkan bilangan pecahan setelah mengikuti pembelajaran dengan CTL pada peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta. Hasil penelitian ini, antara lain penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran telah dilaksanakan rutin di setiap tahun ajaran baru. Pelaksanaan pembelajaran matematika dalam materi menjumlahkan bilangan pecahan melalui tiga tahapan kegiatan, yaitu tahapan prainstruksional (pendahuluan/kegiatan awal), tahapan instruksional (kegiatan inti), dan tahapan penilaian. Dalam tahap evaluasi dan tindak lanjut, guru memberikan tugas yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Pada saat proses pembelajaran, terlihat peserta didik memiliki semangat yang tinggi untuk mengikuti pembelajaran dengan Metode Kolaboratif Tipe CTL. Setelah guru menyampaikan materi kemudian memberikan soal-soal untuk dikerjakan peserta didik. Peserta didik diminta untuk maju ke depan kelas dan banyak dari mereka yang aktif untuk maju ke depan kelas. Pada proses belajar mengajar, sebagian besar peserta didik mempunyai motivasi yang tinggi untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada selama proses belajar mengajar berlangsung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Implementasi pembelajaran matematika di SD Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran yakni perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi dan tindak lanjut. (2) Pada saat proses pembelajaran, terlihat peserta didik memiliki semangat yang tinggi untuk mengikuti pembelajaran dengan Metode Kolaboratif Tipe CTL. (3) Pada proses belajar mengajar, sebagian besar peserta didik mempunyai motivasi yang tinggi untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada selama proses belajar mengajar berlangsung.en_US
dc.subjectCTLen_US
dc.subjectbilangan pecahanen_US
dc.titleINTISARI KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN BILANGAN PECAHAN DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS, KOTA BARAT, SURAKARTAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record