• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 22 No. 2, Desember 2010
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 22 No. 2, Desember 2010
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    THE EFFECTS OF ERROR TREATMENT ON INTERLANGUAGE: A CASE STUDY OF INDONESIAN LEARNERS LEARNING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE

    Thumbnail
    View/Open
    1. Endang Fauziati.pdf (79.44Kb)
    Date
    2010-12
    Author
    Fauziati, Endang
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kajian ini mengivestigasi efek pemulihan kesalahan pada kesalahan IL, khususnya gramatika. Problem penelitian yang diajukan adalah “apa efek pemulihan kesalahan pada kesahan gramatika pembelajar BA; apakah kesalahan gramatika bersifat memfosil atau sebaliknya bersifat dinamis setelah pembelajar memperoleh intervensi pemulihan kesalahan?. Data penelitian ini adalah karangan bebas yang dikumpulkan sebanyak empat kali: sebelum, sesudah pemulihan kesalahan, dan dua bulan sesudahnya. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemulihan keslahan mampu merubah kondisi kesalahan gramatika. Mereka cenderung menjadi dinamis. Pada satu kurun tertentu, kesalahan gramatika muncul; kemudian karena proses pemulihan kesalahan, sebagian kesalahan gramatika menjadi tidak stabil, sebagian berfluktuasi, dan sebagian lainnya tetap stabil (tidak goyah). Tipe kesalahan baru muncul saat pembelajar memasuki teritori baru (menggunakan item gramatika baru). Kesimpulannya adalah pemulihan keslahan dapat merubah kondisi kesalahan gramatika, yaitu mendorong terjadinya proses destabilisasi. Kesalahan tertentu mungkin tidak goyah, namun hanya sementara saja. Proses pemulihan kesalahan gramatika dapat diaplikasikan pada pembelajar yang telah melewati masa kritis. Kesalahan gramatika bersifat dinamis sepanjang pembelajar BA masih tetap dalam proses pembelajaran.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/2195
    Collections
    • Volume 22 No. 2, Desember 2010

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV