GENRE ANALYSIS OF THE ENGLISH FINAL PROJECT ABSTRACTS WRITTEN BY THE STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT OF IKIP PGRI SEMARANG
Abstract
Secara khusus, penelitian ini menekankan pada analisis genre abstrak berbahasa
Inggris sebagai tugas akhir mahasiswa. Analisis ini meneliti struktur jenerik dan
fitur linguistik. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana
mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Semarang memahami
struktur jenerik abstrak sebagai tugas akhirnya, (2) bagaimana mahasiwa
memahami fitur linguistik abstrak sebagai tugas akhirnya, dan (3) bagaimana
kontribusi temuan penelitian pada Program Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI
Semarang. Tujuan utamanya adalah struktur jenerik dan fitur linguistik abstrak
sebagai sebagai tugas akhir mahasiswa dan menganalisis kontribusi penelitian ini
pada Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif deskriptif. Objek penelitian adalan penulisan abstrak sebagai tugas akhir
yang ditulis oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI
Semarang. Jumlah data penelitian ini mencapai 100. Data tersebut dianalisis dengan
menggunakan pendekatan analisis genre. Langkah awal penelitian ini adalah
mengidentifikasi Moves dengan menggunakan pembuktian Linguistik dan
memahami teks. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa hanya beberapa
abstrak yang ditulis oleh mahasiswa IKIP PGRI menerapkan lima Moves.
Ditemukan bahwa dua Moves diterapkan pada semua abstrak. Kedua Moves
tersebut adalah Purpose Move dan Method Move (100%). Move yang ketiga yang
merupakan Result Move digunakan dalam delapan abstrak (80%). Conclusion Move
ditemukan dalam lima abstrak (50%). Hasil analisis menunjukkan bahwa dua personal
pronouns diemukan dalam abstrak sebagai tugas akhir. Personal pronouns
seperti writer (penulis) dan researcher (peneliti) ditemukan dalam semuan abstraks.
Personal pronoun ‘she’ ditemukan dalam satu abstrak. Hanya ada lima ungkapan
hedges yang digunakan dalam abstrak. Kelima ini adalah modal auxiliary verbs,
adjectival, adverbial, nominal dan approximators of degree. Disarankan bahwa
(1) dosen bahasa Inggris semestinya memperkenalkan bagaimana menulis suatu
teks yang bermakna, khususnya teks abstrak sebagai representasi laporan riset
dengan struktur yang berdasarkan teori genre. (2) Dosen seharusnya memperbaiki
proses pembelajaran yang terkait dengan pengembangan academic writing. Dalam
kasus ini dosen yang mengajar matakuliah academic writing. (3) ‘Pembimbimg’
tugas akhir seharusnya lebih memberikan perhartian pada genre untuk menulis
abstrak sebagai tugas akhir selama bimbingan. (4) Jurusan Pendidikan Bahasa
Inggris menyediakan panduan.