dc.identifier.citation | Atkinson, Dwight. 1999. Annual Review of Applied Linguistics. Available at http:// www.uefap.com/writing/research/langsci.htm Bunton, David 2002. Generic Moves in Ph.D. Thesis Introduction. In John Flowerdew (ed), Academic Discourse (pp.57-75). Harlow: Pearson education. Butt, David et al. 1995. Using Functional Grammar, An Explorer’s Guide. Sydney: Macquire University. Connor, Ulla. 1996. Contrastive Rhetoric. Cambridge: Cambridge University press. Derewianka, Beverly. 1990. Exploring How Text Work. Victoria: Australian Print Group. Dudley-Evans, Tony. 1997. Genre Models for the Teaching of Academic Writing to Second Language Speakers: Advantages and disadvantages. In Tom Miller (ed.), Functional Approaches to Written Text: Classroom Applications (pp.150-159). Washington: ELP US Information Agency. Eggins, Suzanne. 1994. An Introduction to Systemic Functional Linguistics. London: Pinters Publisher.s Flowerdew, John. 2002. Academic Discourse. Harlow: Pearson Education. Gerot, Linda and Peter Wignell. 1994. Making Sense of Functional Grammar. Sydney: Gerd Stabler. Halliday, M. A. K. 1978. Spoken and Written Language. Victoria: Deakkin University Press. Halliday, M. A. K and Rugaiya Hasan. 1985. Language, Context and Text: Aspects of Language in a Social-Semiotic Perspective. Victoria: Deakin University Press. Halliday, M. A. K. 1994. An Introduction to Functional Grammar. London: Edward Arnol Halliday, M. A. K. and Cristian Matthiessen. 1999. Constructing Experience Through Meaning. London: Continuum. Hyland, Ken. 2002. Teaching and Researching Writing. Harlow: Longman. Isaac, Stephen and Michael, B. William. 1987. Handbook in Research and Evaluation. California: Edits Publishers. Kies, Daniel. 2005. Writing an Abstract. Avaliable at http://papyr.com/hypertextbook/comp2/ abstract.htm. Kress, Gunther. 1985. Linguistic Processes in Sociocultural Practice. Victoria: Deakin University Press. Kwan, Becky S. C. 2006. The Schematic Structure of Literature Reviews in Doctoral Theses of Applied Linguistics. Available at www.sciencedirect.com. Lakic Igor. 2000. Genre Analysis of Article Introductions in Economics. Available at http:// www. Institut.cg.yu/institute/projeckti.htm. Lemke, J. L. 1987. Analysing Verbal Data: Principle, Methods, and Problems. Availablel at http://academic.brooklyn.cury.edu/education/jlemke/theories.htm. Marriam, S.B. 1998. Case Study Research in Education, a Qualitative Approach. London. Jossey Bass. Martin, JR and David Rose. 2003. Working with Discourse. London: Continuum. National Information Standards Organization. 1997. Guidelines for Abstarcts. Available at http:/ /www.niso.org/standards/239-14.pdf. Nunan, D. 1992. Research method in language learning. Cambridge: Cambridge University Press. Safnil. 2000. Rhetorical Strcuture Analysis of the Indonesian Research Articles. Ph.D’d Dissertation. Australian Nationla University, Australia Salager-Meyer, Francoise. 1997. I Think That Perhaps You Should: A Study of Hedges in Written Scientific Discourse. In Tom Miller (ed.), Functional Approaches to Written Text: Classroom Applications (pp.105-118). Washington: ELP US Information Agency. Samraj, Betty. 2002. Disciplinary Variation in Abstracts: The case of Wildlife Behaviour and Conservation Biology. In John Flowerdew (ed.), Academic Discourse (pp.40-56). Harlow: Pearson Education. Schaefner, Christina. 2000. Available at/casetud/schaeffner2.htm. Swales, John M. 1990. Genre Analysis. Cambridge: Cambridge University Press http:// www.washington.edu/oue/summuer-institute/writing.html http://www.unc.edu/depts/wcweb/handouts/abstracts.html | en_US |
dc.description.abstract | Secara khusus, penelitian ini menekankan pada analisis genre abstrak berbahasa
Inggris sebagai tugas akhir mahasiswa. Analisis ini meneliti struktur jenerik dan
fitur linguistik. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana
mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Semarang memahami
struktur jenerik abstrak sebagai tugas akhirnya, (2) bagaimana mahasiwa
memahami fitur linguistik abstrak sebagai tugas akhirnya, dan (3) bagaimana
kontribusi temuan penelitian pada Program Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI
Semarang. Tujuan utamanya adalah struktur jenerik dan fitur linguistik abstrak
sebagai sebagai tugas akhir mahasiswa dan menganalisis kontribusi penelitian ini
pada Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif deskriptif. Objek penelitian adalan penulisan abstrak sebagai tugas akhir
yang ditulis oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI
Semarang. Jumlah data penelitian ini mencapai 100. Data tersebut dianalisis dengan
menggunakan pendekatan analisis genre. Langkah awal penelitian ini adalah
mengidentifikasi Moves dengan menggunakan pembuktian Linguistik dan
memahami teks. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa hanya beberapa
abstrak yang ditulis oleh mahasiswa IKIP PGRI menerapkan lima Moves.
Ditemukan bahwa dua Moves diterapkan pada semua abstrak. Kedua Moves
tersebut adalah Purpose Move dan Method Move (100%). Move yang ketiga yang
merupakan Result Move digunakan dalam delapan abstrak (80%). Conclusion Move
ditemukan dalam lima abstrak (50%). Hasil analisis menunjukkan bahwa dua personal
pronouns diemukan dalam abstrak sebagai tugas akhir. Personal pronouns
seperti writer (penulis) dan researcher (peneliti) ditemukan dalam semuan abstraks.
Personal pronoun ‘she’ ditemukan dalam satu abstrak. Hanya ada lima ungkapan
hedges yang digunakan dalam abstrak. Kelima ini adalah modal auxiliary verbs,
adjectival, adverbial, nominal dan approximators of degree. Disarankan bahwa
(1) dosen bahasa Inggris semestinya memperkenalkan bagaimana menulis suatu
teks yang bermakna, khususnya teks abstrak sebagai representasi laporan riset
dengan struktur yang berdasarkan teori genre. (2) Dosen seharusnya memperbaiki
proses pembelajaran yang terkait dengan pengembangan academic writing. Dalam
kasus ini dosen yang mengajar matakuliah academic writing. (3) ‘Pembimbimg’
tugas akhir seharusnya lebih memberikan perhartian pada genre untuk menulis
abstrak sebagai tugas akhir selama bimbingan. (4) Jurusan Pendidikan Bahasa
Inggris menyediakan panduan. | en_US |