Show simple item record

dc.contributor.authorHarun
dc.date.accessioned2012-12-10T04:39:29Z
dc.date.available2012-12-10T04:39:29Z
dc.date.issued2011-11
dc.identifier.citationAbdullah, Fikriyah, Taufiq Hasan dan Shamser Muhammad, 2007, Investigation of Performance of Malaysian Islamic Unit Trust Funds, Malaysia: Emerald Group Publising Limitet, Vol. 33, No. 2, 12 pgs. Abdurrahman, Asmuni, 1974, Metode Istinbath Hukum Islam, Jakarta ; Bulan Bintang _______, 1975, Qa’idah-Qa’idah Fiqih, Jakarta; Bulan Bintang. Abu Dawud, Sunan, 1996, Sunan Abi Dawud, Beirut ; Dar al-Fikri, Juz II. Agustaman, 2007, Franchise Guide Series Kiat Memilih Usaha dengan Biaya Kecil Untung Besar, Jakarta ; Dian Rakyat, al-Muslih, Abdullah dan Shalah ash-Shawi, 2004, Fikih Ekonomi Keuangan Islam, Jakarta ; Darul Haq, Ambadar, Jackie, Miranty Abidin dan Yanti Isa, 2007, Membeli dan Menjual Franchise, Jakarta ; Yayasan Bina Karsa Mandiri Antonio, Muhammad Syafi’I, 2001, Bank Syari’ah dari Teori ke Praktek, Jakarta ; Tazkia Cendekia Asyhadie,Zaeni, 2005, Hukum Bisnis Prinsip dan Pelaksanaannya di Indonesia, Jakarta; RajaGrafindo Persada az- Zuhaili, Wahbah, 1997, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Damaskus ; Dar al- Fikr, Juz. IV & V. ______, 2002, al-Muamalah al-Maliyah al-Mu’ashirah, Damaskus ; Dar al- Fikr Dewi, Gemala, Wirdaningsih dan Yeni Salma Barlini, 2005, Hukum Perikatan Islam di Indonesia, Jakarta; Prenada Media Djuwaini, Dimyauddin, 2008, Pengantar Fiqh Muamalah, Yogyakarta ; Pustaka Pelajar Effendi, Satria, 2005, Ushul Fiqh, Jakarta; Prenada Media Hafidhuddin, Didin, 2002, Zakat Dalam Perekonomian Modern, Jakarta; Gema Insani, Harahap, M. Yahya, 1982,Segi-Segi Hukum Perjanjian, Bandung ; Alumni Haroen, Nasrun, 1996, Ushul Fiqh I, Jakarta; Logos _______, 2000, Fiqh Muamalah, Jakarta; Gaya Media Pratama Ibnu Katsir, 2000,Tafsir al-Qur’an al-”Adzim, Beirut ; Maktabah al Asyriyyah, Juz I & II. Ibnu Majah, Sunan, tt., Sunan Ibnu Majah, Beirut. Dar al-Fikr, Juz. II. Ibnu Rusyd, 1988, Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid, Veirut ; Darul Qalam, Juz II Jashshash, Abu Bakr, tt, Ahkam al-Qur’an, Kairo ; Dar al-Fikr. Kamaluddin, Laode, 2008, Rahasia Bisnis Rasulullah, Semarang ; Wisata Ruhani Karamoy, Amir, 1995, Sukses Usaha Lewat Waralaba, Tanya Jawab Berbagai Aspek Waralaba, Jakarta ; PT. Jurnalindo Aksara Grafik Karim, Adiwarman A., 2001, Ekonomi Islam Suatu Kajian Kontemporer, Jakarta ; Gema Insani Press Karomoy, Amir, 1996, Sukses Lewat Waralaba I Jakarta ; PT. Jurnalindo Aksara Grafik Kerajaan Saudi Arabia, 1971, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Saudi Arabia ;Khadim al-Haramain asy-Syarifain. Mancuso,Joseph dan Donald Borolan,2006, Peluang Sukses Bisnis Waralaba, Yogyakarta ; Dolphin Books ______, 1995, Pedoman Membeli dan Mengelola Franchise, Jakarta ; Pustaka Binaman Pressindo, Mandelson, Martin, 1997, Franchising : Petunjuk Praktis bagi Franchisor dan Franchisee, Jakarta ; Pustakan Binaman Pressindo, Maoghul, Umar F, 2007,No Pain, No Gain : The State of The Industry in Light of an American Islamic Private Equity Transaction, Chicago : Journal International Law, Vol. 7, Iss, 2 : 26 pgs. Margono, Suyud dan Amir Angkasa, 2002, Komersialisasi Aset Intlektual Aspek Hukum Bisnis, Jakarta ; Grasindo Mas’adi, Ghufran A., 2002, Fiqh Muamalah Kontekstual, Jakarta ;, PT RajaGrafindo Persada Musbikin,Imam, 2001, Qawa’id al-Fiqhiyyah, Jakarta ; Raja Grafindo Persada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Ketentuan dan Tata Cara Penerbitan Surat Tanda Pendaftaran Usaha Waralaba Peraturan Pemerintah RI No. 42 Tahun 2007 Tentang Waralaba Purvin, Robert L, 1994, The Franchise Fraud, New York ; Jhon Wiliet dan Sons, Inc Rohmadi, Bambang N, 2007, Franchising The Most Practical and Excellent way of Succeeding (Membedah Tawaran Franchise Lokal Indonesia ), Jakarta; Gramedia Pustaka Utama Setyawan, Deden, 2007, Franchise Guide Series Kiat Memilih Usaha dengan Biaya Kecil Untung Besar Seri II Ritel, Jakarta ; Dian Rakyat Suhendi, Hendi, Fiqh Muamalah, Jakarta ; PT Raja Grafindo Persada. Sukandar, Anang, 2004, Franchising di Indonesia, Jakarta ; Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Sumardi, Jaujir,1995, Aspek-Aspek Hukum Franchise dan Perusahaan Transnasional, Bandung ; PT Citra Afitya Bakti Sunggono, Bambang, 2002, Metodologi Penelitian Hukum, Jakarta; RajaGrafindo Persada Syahmin AK, 2006, Hukum Kontrak Internasional, Jakarta ; Raja Grafndo Thalib, Sayuthi, 1986, Hukum Kekeluargaan Indonesia, Jakarta ; UI Press. Toha, M., 2000, Membuka Usaha Kecil, Yogyakarta ; Kanisius Turmudzi, Sunan, 2002,, Sunan at Turmudzi wa huwa al-Jami’ush Shohih, Beirut; Dar al- Kutub al-Ilmiyah, Cet. I. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta Utomo, Setiawan Budi, 2003, Fiqih Aktual Jawaban Tuntas Masalah Kontemporer, Jakarta ; Gema Insani. Widjaja, Gunawan, 2002, Lisensi atau Waralaba Suatu Panduan Praktis, Jakarta ; PT Raja Grafindo Persada, Jhon Downes dan Jordan Elliot Goddman, Kamus Istilah _______________, 2001, Waralaba, Jakarta ; PT Raja Grafindo Persada Yafie,Ali, 1994, Menggagas Fiqh Sosial, Bandung; Mizan Yusanto, Muh. Ismail dan Muh. Karbet Widjajakusuma, 2002, Menggagas Bisnis Islami, Jakarta ; Gema Insanien_US
dc.identifier.issn0852-368X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2264
dc.description.abstractBisnis waralaba merupakan sistem bisnis yang unik dan terbilang sebagai model bisnis kontemporer. Oleh sebab itu, penulis merasa perlu untuk mengkaji bisnis waralaba dari sudut pandang hukum Islam seiring dengan munculnya berbagai fenomena yang menimbulkan keraguan dan kebimbangan masyarakat mengenai sah dan tidaknya ketika melakukan transaksi bisnis waralaba. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui Pandangan Hukum Islam terhadap Bisnis Waralaba di Indonesia. Teori-teori hukum muamalat yang digunakan untuk menjawab tujuan tersebut adalah teori syirkah (kemitraan bisnis), teori Ijarah (sewa menyewa) dan teori Ibtikar (hak cipta). Hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa bisnis waralaba di Indonesia tidak bertentangan dengan hukum Islam. Bisnis waralaba dilihat dari (1) Teori syirkah dan ijarah, bisnis waralaba merupakan aplikasi perpaduan akad syirkah’inan dengan Ijarah. Akad syirkah ‘inan dan ijarah dipandang sah oleh hukum Islam.(2) Teori Ibtikar, merek dagang atau jasa yang menjadi obyek utama bisnis waralaba dipandang sebagai hak Ibtikar yang menurut hukum Islam sebagai harta yang sah diperjualbelikan.en_US
dc.publisherlppmumsen_US
dc.subjectBisnis waralabaen_US
dc.subjectHukum Islamen_US
dc.subjectSyirkahen_US
dc.subjectIjarah dan Ibtikaren_US
dc.titleBISNIS WARALABA DI INDONESIA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Tinjauan Hukum Muamalat)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record