Show simple item record

dc.contributor.authorJalaluddin, Akhmad
dc.date.accessioned2012-12-14T07:19:39Z
dc.date.available2012-12-14T07:19:39Z
dc.date.issued2012-06
dc.identifier.citationAndalusiy, Abu Hayyan al-. 1980. al-Bahr al-Muhit, jilid 3. Beirut: Dar al-Fikr. Bayjuriy, Al-. 1999. Hasyiyah al-Bayjuriy ‘ala Syarh al-Ghazziy ‘ala Matn Abi Syuja’, Jilid 2. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah. Ibn Manzhur, Ibn. Lisan al-‘Arab, Juz I. (Maktabah Syamilah versi 2). Qanujiy, Abu al-Tayyib Siddiq bin Husayn bin ‘Aliy al-Husayn al-. 1989. Fath al-Bayan fi Maqasid al-Qur’an, Juz 9. Qatar: Idarah Ihya’ al-Turats al-Islamiy. Qurtubiy, Abu ‘Abdillah Muhammmad bin Ahmad al-Ansariy al- . 1993. al-Jami’ li Ahkam al- Qur’an, Juz 13. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah. Rida, Rasyid. [t.th.]. Tafsir al-Qur’an al-Hakim, jilid 2. Kairo: Maktabah al-Qahirah Sahih al-Bukhariy, bab Man idda’a ila Ghayr Abih. (al-Maktabah al-Syamilah versi 2). Syarbiniy, Al-. 1978. Mughni al-Muhtaj ila Ma‘rifah Ma‘ani Alfaz al-Minhaj ([t.t]: Dar al-Fikr. Syalbiy. 1977. Ahkam al-Usrah fi al-Islam. Beirut: Dar an-Nahdah. Tabariy, Abu Ja’far Muhammad ibn Jarir al-. 1987. Tafsir al-Tabariy, juz 4. Beirut: Dar al-Fikr. Zubaydiy, Murtada al-. 1994. Taj al-‘Arus min Jawahir al-Qamus, Jilid 2. Beirut: Dar al-Fikr, 1994. ___________________. 2010. al-Fiqh al-Islamiy wa Adillatuh, Juz 7. Beirut: Dar al-Fikr al- ‘Arabiy, 2010. Zahrah, Muhammad Abu. 2005. al-Ahwal al-Syakhsiyyah. Kairo: Dar al-Fikr al-‘Arabiy. ____________________. 1963. Ahkam al-Tirkat wa al-Mawarits. Kairo: Dar al-Fikr al-‘Araby.en_US
dc.identifier.issn1412-5722
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2341
dc.description.abstractMasalah keturunan (nasab) dan kewarisan tidak semuanya didasarkan pada ayat al-Qur’an yang qath’i. Peran akal manusia tidak dapat diingkari dan, sebagai konsekuensi logisnya, pengaruh sosial budaya sulit untuk dihindari. Karena itu, kajian dan ijtihad ulang mengenai persoalan tersebut sepantasnya dilakukan. Sesungguhnya hubungan nasab pada dasarnya adalah hubungan darah. Legalitas nasab seseorang dengan ibunya bersifat otomatis berdasarkan wiladah. Sedangkan nasab seseorang dengan ayahnya, meskipun juga pada dasarnya adalah hubungan darah, fuqaha’ mensyaratkan bahwa hubungan yang berakibat lahirnya orang tersebut bukanlah hubungan yang haram (zina). Nasab pada dasarnya merupakan hubungan darah, maka seseorang mempunyai nasab dengan ayahnya dan ibunya. Hubungan nasab dengan lebih kuat daripada dengan ayah yang lebih banyak didasarkan pada asumsi, klaim dan kesaksian. Konsekuensi lebih lanjut, hubungan kekerabatan dengan para kerabat dari pihak ibu juga kuat daripada hubungan kekerabatan dengan para kerabat dari pihak ayah. Hal ini berimplikasi terhadap masalah kewarisanen_US
dc.publisherLPPM UMSen_US
dc.subjectnasaben_US
dc.subjecthukum Islamen_US
dc.subjectkewarisanen_US
dc.titleNASAB: ANTARA HUBUNGAN DARAH DAN HUKUM SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KEWARISANen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record