• Login
    View Item 
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) MELALUI LESSON STUDY

    View/Open
    2011_hb_slamet_hw_laporan_akhir.pdf (11.66Mb)
    2011_hb_slamet_hw_summary.pdf (141.2Kb)
    2011_hb_slamet_hw_artikel_publikasi.pdf (308.2Kb)
    2011_hb_slamet_hw_daftar pustaka.pdf (9.788Mb)
    2011_hb_slamet_hw_depan.pdf (9.942Mb)
    Date
    2011-10
    Author
    Hw, Slamet
    Khotimah, Rita P
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika dengan sifatnya yang abstrak sering tidak dapat dipelajari dengan mudah oleh hampir semua peserta didik baik dari tingkat pendidikan dasar sampai dengan perguruan tinggi kecuali bagi mereka yang benar-benar menekuni. Berbagai upaya guru untuk menanamkan konsep dengan mudah kepada peserta didik sejak dini selalu dilakukan namun hambatan-hambatan hampir selalu terjadi, dalam arti hasil belajar siswa tidak seperti yang diharapkan. Menurunnya nilai-nilai dalam bermasyakat dan bernegara yang dirasakan akhirakhir ini menambah daftar panjang keprihatinan guru untuk ikut membenahi moral dan karakter bangsa, padahal didalam matematika penuh dengan nilai-nilai seperti kejujuran, disiplin, rasa tanggung jawab, berpikir kreatif dan inovatif. Penelitian tentang implementasi Lesson Study yang dilaksanakan melalui pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Sekolah Dasar menunjukkan adanya peningkatan kompetensi profesional guru utamanya dalam hal: (1) pembuatan RPP, (2) pengembangan materi ajar, (3) pemilihan strategi pembelajaran, dan (4) pemilihan media dan sumber belajar. Selain itu implementasi Lesson Study mampu merubah paradigma pembelajaran bagi guru dari pendekatan yang bersifat mekanistik ke pendekatan yang realistik. Adapun hasil muan ikutan yang perlu ditindaklanjuti sebagai penelitian pengembangan (developmental research) adalah bahwa operasi dasar bilangan bulat (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) bagi siswa Sekolah Dasar lebih mudah difahami dengan metode horisontal daripada metode vertikal. Lebih dari itu ternyata konsep perkalian dua bilangan bulat (dengan tanda yang sama atau berbeda) dapat dipakai untuk menanamkan nilai-nilai sebagai salah satu wahana pendidikan karakter dan mencerdaskan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/2466
    Collections
    • Pendidikan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV