dc.contributor.author | Hw, Slamet | |
dc.contributor.author | Khotimah, Rita P | |
dc.date.accessioned | 2013-01-16T04:47:27Z | |
dc.date.available | 2013-01-16T04:47:27Z | |
dc.date.issued | 2011-10 | |
dc.identifier.citation | Ahmad Fauzan, (2001). Pendidikan Matematika Realistik – Suatu tantangan dan Harapan. Makalah Seminar Nasional Pendekatan Realistik dan Sani di Univ.Sanatha Dharma Yogyakarta 14-15 Nopember 2001 ( tidak diterbitkan) Kemmis, S & Mc Taggart, R (1988). The Action Research Planner (3nd ed). Victoria: Deakin University Press Marpaung, Y (2001). Pendekatan Realistik dan Sani dalam Pembelajaran Matematika.. Makalah seminar Nasional PMRS, 14-15 Nop 2001 – USD Yogyakarta. Puskur. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Balitbang, Depdiknas Slamet Hw. 2009. Simulasi PMRI bagi guru SDN Gentan 17 Februari 2009. Surakarta Slamet Mulyana. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat Wikipedia.2007. Lesson Study. Online: http://en.wikipedia.org/wiki/Lesson_study Zulkardi (2002). RME suatu Inovasi dalam Pendidikan Matematika di Indonesia. http://www.geocities.com/ratuilma/paper/Semarang.html : 9/11/2002. | en_US |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/2466 | |
dc.description.abstract | Matematika dengan sifatnya yang abstrak sering tidak dapat dipelajari dengan mudah oleh hampir
semua peserta didik baik dari tingkat pendidikan dasar sampai dengan perguruan tinggi kecuali bagi mereka
yang benar-benar menekuni. Berbagai upaya guru untuk menanamkan konsep dengan mudah kepada peserta
didik sejak dini selalu dilakukan namun hambatan-hambatan hampir selalu terjadi, dalam arti hasil belajar siswa
tidak seperti yang diharapkan. Menurunnya nilai-nilai dalam bermasyakat dan bernegara yang dirasakan akhirakhir
ini menambah daftar panjang keprihatinan guru untuk ikut membenahi moral dan karakter bangsa, padahal
didalam matematika penuh dengan nilai-nilai seperti kejujuran, disiplin, rasa tanggung jawab, berpikir kreatif
dan inovatif. Penelitian tentang implementasi Lesson Study yang dilaksanakan melalui pendekatan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) di Sekolah Dasar menunjukkan adanya peningkatan kompetensi profesional guru
utamanya dalam hal: (1) pembuatan RPP, (2) pengembangan materi ajar, (3) pemilihan strategi pembelajaran,
dan (4) pemilihan media dan sumber belajar. Selain itu implementasi Lesson Study mampu merubah paradigma
pembelajaran bagi guru dari pendekatan yang bersifat mekanistik ke pendekatan yang realistik. Adapun hasil
muan ikutan yang perlu ditindaklanjuti sebagai penelitian pengembangan (developmental research) adalah
bahwa operasi dasar bilangan bulat (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) bagi siswa Sekolah
Dasar lebih mudah difahami dengan metode horisontal daripada metode vertikal. Lebih dari itu ternyata konsep
perkalian dua bilangan bulat (dengan tanda yang sama atau berbeda) dapat dipakai untuk menanamkan nilai-nilai
sebagai salah satu wahana pendidikan karakter dan mencerdaskan. | en_US |
dc.description.sponsorship | BERSAING DIKTI | en_US |
dc.publisher | LPPM UMS | en_US |
dc.subject | pendidikan karakter | en_US |
dc.subject | metode vertikal | en_US |
dc.subject | metode horisontal | en_US |
dc.subject | mencerdaskan | en_US |
dc.title | PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) MELALUI LESSON STUDY | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |