• Login
    View Item 
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) MELALUI LESSON STUDY

    Thumbnail
    View/Open
    2010_hb_slamet_hw_daftar_pustaka.pdf (20.40Kb)
    2010_hb_slamet_hw_bab_3.pdf (15.83Kb)
    2010_hb_slamet_hw_lampiran.pdf (9.627Mb)
    2010_hb_slamet_hw_bab_5.pdf (32.73Kb)
    2010_hb_slamet_hw_bab_1.pdf (17.42Kb)
    2010_hb_slamet_hw_ringkasan.pdf (143.0Kb)
    LapHiber-09-10.pdf (104.5Kb)
    2010_hb_slamet_hw_publikasi.pdf (197.2Kb)
    2010_hb_slamet_hw_bab_2.pdf (16.59Kb)
    2010_hb_slamet_hw_depan.pdf (198.6Kb)
    2010_hb_slamet_hw_bab_7.pdf (12.06Kb)
    2010_hb_slamet_hw_bab_6.pdf (29.93Kb)
    2010_hb_slamet_hw_bab_4.pdf (35.14Kb)
    Date
    2010-10
    Author
    Hw, Slamet
    Khotimah, Rita Pramujianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika seperti anggapan banyak orang sebagai pelajaran yang sulit. Anggapan ini tidak salah karena nilai rata-rata Ujian Nasional matematika sekolah dasar dan menengah hampir selalu berada dibawah nilai rata-rata matapelajaran yang lainnya. Sifat dasar matematika yang abstrak menjadi kendala utama untuk dipelajari terutama bagi siswa yang masih dalam perkembangan berpikir kongkrit atau semi kongkrit. Keadaan itu diperparah oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih terfokus pada guru (teacher center), tidak berfokus pada siswa (child center). Suatu kenyataan bahwa walaupun saat ini telah banyak diupayakan untuk meningkatkan profesionalisme guru lewat workshop atau penataran, akan tetapi hasilnya belum dapat dirasakan. Lesson study yang saat ini dikembangkan diberbagai Perguruan Tinggi diyakini dapat meningkatkan profesionalisme guru. Hasil sosialisasi Leson Study, simulasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan Pendampingan Penyusunan RPP terhadap guru-guru SD Negeri 1,2 Gentan mendapatkan kesimpulan bahwa: (1) Guruguru antusias dan aktif selama mengikuti sosialisasi, simulasi dan pendampingan penyusunan RPP, (2) Ditinjau dari penguasaan materi, guru-guru mengalami peningkatan pemahaman konsep terutama pada operasi bilangan pecahan dan luas bangun-bangun datar yang semula dipandang sebagai kesulitan untuk mengajarkannya kepada siswa, (3) Guru-guru mengalami peningkatan kompetensi profesional terutama dalam hal menyusun RPP, 4) Sebagian besar guru berkeyakinan bahwa dengan menerapkan PMRI lewat pendekatan Lesson Study akan membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika yang ujung-ujungnya akan dapat meningkatkan prestasi belajar.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/2500
    Collections
    • Pendidikan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV