Show simple item record

dc.contributor.authorHw, Slamet
dc.contributor.authorKhotimah, Rita Pramujianti
dc.date.accessioned2013-01-18T08:06:00Z
dc.date.available2013-01-18T08:06:00Z
dc.date.issued2010-10
dc.identifier.citationAhmad Fauzan, (2001). Pendidikan Matematika Realistik – Suatu tantangan dan Harapan. Makalah Seminar Nasional Pendekatan Realistik dan Sani di Univ.Sanatha Dharma Yogyakarta 14-15 Nopember 2001 ( tidak diterbitkan) Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project. online: http://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm Catherine Lewis (2004) Does Lesson Study Have a Future in the United States?. Online: http://www.sowi-online.de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm De Porter, Bobbi & Hernacky, Mike (1999). Quantum Learning; membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Terj. Alwiyah Abdurrahman). Bandung: Kaifa Good, TL & Brophy, J.E (1990). Educational Psychology. New York & London: Longman Hopkins, D. (1993). A Teacher’s Guide to Classrooms Research. Buckingham Philadelphia: Open University Press. Kemmis, S & Mc Taggart, R (1988). The Action Research Planner (3nd ed). Victoria: Deakin University Press Lesson Study Research Group online: http://www.tc.edu/lessonstudy/whatislessonstudy.html Slamet Mulyana. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat Wikipedia.2007. Lesson Study. Online: http://en.wikipedia.org/wiki/Lesson_study Zulkardi (2002). RME suatu Inovasi dalam Pendidikan Matematika di Indonesia. http://www.geocities.com/ratuilma/paper/Semarang.html : 9/11/200en_US
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2500
dc.description.abstractMatematika seperti anggapan banyak orang sebagai pelajaran yang sulit. Anggapan ini tidak salah karena nilai rata-rata Ujian Nasional matematika sekolah dasar dan menengah hampir selalu berada dibawah nilai rata-rata matapelajaran yang lainnya. Sifat dasar matematika yang abstrak menjadi kendala utama untuk dipelajari terutama bagi siswa yang masih dalam perkembangan berpikir kongkrit atau semi kongkrit. Keadaan itu diperparah oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih terfokus pada guru (teacher center), tidak berfokus pada siswa (child center). Suatu kenyataan bahwa walaupun saat ini telah banyak diupayakan untuk meningkatkan profesionalisme guru lewat workshop atau penataran, akan tetapi hasilnya belum dapat dirasakan. Lesson study yang saat ini dikembangkan diberbagai Perguruan Tinggi diyakini dapat meningkatkan profesionalisme guru. Hasil sosialisasi Leson Study, simulasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan Pendampingan Penyusunan RPP terhadap guru-guru SD Negeri 1,2 Gentan mendapatkan kesimpulan bahwa: (1) Guruguru antusias dan aktif selama mengikuti sosialisasi, simulasi dan pendampingan penyusunan RPP, (2) Ditinjau dari penguasaan materi, guru-guru mengalami peningkatan pemahaman konsep terutama pada operasi bilangan pecahan dan luas bangun-bangun datar yang semula dipandang sebagai kesulitan untuk mengajarkannya kepada siswa, (3) Guru-guru mengalami peningkatan kompetensi profesional terutama dalam hal menyusun RPP, 4) Sebagian besar guru berkeyakinan bahwa dengan menerapkan PMRI lewat pendekatan Lesson Study akan membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika yang ujung-ujungnya akan dapat meningkatkan prestasi belajar.en_US
dc.description.sponsorshipBERSAING DIKTIen_US
dc.publisherLPPM UMSen_US
dc.subjectKompetensi Profesionalen_US
dc.subjectLesson Studyen_US
dc.subjectPMRIen_US
dc.titlePENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) MELALUI LESSON STUDYen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record