MODEL PENGARUH ATMOSFER AKADEMIK PSIKOLOGIS TERHADAP PERFORMANSI TIM BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI
View/ Open
Date
2009-10Author
Moordiningsih
Prastiti, Wiwin Dinar
Hertinjung, Wisnu Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model situasi psikologis yang
diharapkan mendukung performansi kelompok, khususnya tim-tim belajar
(learning teams) yang belajar untuk memecahkan masalah dan mengambil
keputusan-keputusan di tingkat perguruan tinggi. Permasalahan tentang perbaikan
dan perubahan atmosfer akademik menjadi isu penting dalam pengembangan
lembaga-lembaga pendidikan, khususnya perguruan tinggi.
Atmosfer akademik dalam cakupan ilmu psikologi dikenal sebagai
situasi/iklim psikologis (psychological climate) yang dapat diciptakan dalam sebuah
kelompok/tim untuk menunjang performansi kelompok maupun organisasi yang
lebih besar ke arah yang lebih baik. Dimensi situasi psikologis yang akan dikaji
meliputi 5 hal yaitu: kohesivitas kelompok, otonomi, inovasi, saling kepedulian dan
tekanan/tuntutan dalam kelompok. Performansi kelompok yang baik dapat
diketahui dengan 4 indikator utama yaitu efektivitas, efisiensi, adanya
pembelajaran dan pertumbuhan kelompok serta kepuasan anggota kelompok
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk tahun pertama.
Analisis data penelitian menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pola-pola performansi tim belajar di perguruan tinggi
ditentukan oleh interaksi sosial yang terjalin dengan baik dari seluruh komponen
fakultas yang ada di perguruan tinggi dan kepedulian, keteladanan pemimpin
dalam mengelola interaksi sosial untuk membuat inovasi-inovasi pembelajaran
serta orientasi terhadap masa depan tim-tim belajar yang ada di perguruan tinggi.