• Login
    View Item 
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MATERI DAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS MEDIA DAN BERKONTEKS LOKAL SURAKARTA DALAM MENUNJANG KTSP

    View/Open
    2009_hb_slamet_hw_laporan_akhir.pdf (933.5Kb)
    2009_hb_slamet_hw_bab_1.pdf (44.54Kb)
    2009_hb_slamet_hw_ringkasan.pdf (112.0Kb)
    2009_hb_slamet_hw_lampiran.pdf (492.2Kb)
    2009_hb_slamet_hw_bab_5.pdf (13.76Kb)
    2009_hb_slamet_hw_publikasi.pdf (800.0Kb)
    2009_hb_slamet_hw_bab_2.pdf (42.35Kb)
    2009_hb_slamet_hw_daftar_pustaka.pdf (16.31Kb)
    2009_hb_slamet_hw_bab_3.pdf (113.7Kb)
    2009_hb_slamet_hw_depan.pdf (175.4Kb)
    2009_hb_slamet_hw_bab_4.pdf (15.19Kb)
    Date
    2009-09
    Author
    Hw, Slamet
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian pengembangan tahun kedua ini bertujuan untuk menguji derajad keterpakaian model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Berbasis Media dan Berkonteks Lokal yang dirancang pada tahun pertama. Ujicoba dilaksanakan di tiga Sekolah Dasar di tiga Kabupaten/Kota yaitu Surakarta, Sukoharjo dan Boyolali. Melalui seting Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Model yang dirancang dapat diimplementasikan dengan baik di semua tingkatan mulai Kelas 1 sampai Kelas 6. (2) Media Pembelajaran yang dirancang untuk menunjang proses pembelajaran mudah diperoleh di semua lokasi ujicoba, (3) Media pembelajaran yang dirancang untuk menunjang proses pembelajaran mudah digunakan, baik oleh guru maupun siswa, (4) Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Media dan Berkonteks Lokal dapat meningkatkan: minat, keaktifan, kreativitas, kemandirian dan penguasaan konsep siswa, dan (5) ternyata pelaksanaan PMR memerlukan waktu yang lebih lama, karena guru-guru belum biasa dengan model yang baru. Dari temuan tersebut dapat dinyatakan bahwa model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Media dan Berkonteks Lokal (Surakarta) memiliki derajad keterpakaian yang tinggi, cukup efektif namun kurang efisien karena memerlukan waktu yang cukup
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/2566
    Collections
    • Pendidikan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV