Show simple item record

dc.contributor.authorHw, Slamet
dc.date.accessioned2013-01-21T08:13:55Z
dc.date.available2013-01-21T08:13:55Z
dc.date.issued2009-09
dc.identifier.citationArmanto, Dian (2003). Pengembangan Model Pembelajaran Matemaika Berbasis Kompetensi dan Berkonteks Lokal Bagi Guru dan Siswa SD/MI Sumatera Utara. Universitas Negeri Medan Freudenthal, H. 1991. Revisiting mathematics education. Dordrecht, The Netherlands: Kluwer Academic. Goffree, F. (1993). HF: Working on mathematics education. Educational Studies in Mathematics, 25 (1-2), 21-58. Gravemeijer, Koeno. 1994. Developing realistic mathematics education. Utrecht, The Nederlands: Freudenthal Institute. Hadi, Sutarto. 2002. Effective teacher professional development for implementation of Realistic Mathematics Education in Indonesia. Doctoral dissertation, University of Twente, Enschede, The Netherlands. Hadi, Sutarto. 2004. Pengembangan Materi Pemelajaran Matematika Realistik untuk Mendukung Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi Universitas Lambung Mangkuat Banjarmasin. Hadi, Sutarto, 2003,2006. Paradigma Baru Pendidikan Matematika. Makalah Forum Komunikasi Sekolah Inovasi Kalimantan Selatan, 2003; Workshop Lokal PMRI 15-17 Juni 2006 di Yogyakarta. Marpaung, 2006. Pendekatan Psikologis dan Budaya untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Matematika. Makalah Workshop Lokal PMRI, 15-17 Juni 2006. Yogyakarta Puskur. 2002. Kurikulum dan Hasil Belajar. Kompetensi Dasar Mata Pelejaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Balitbang, Depdiknas. Puskur. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Balitbang, Depdiknas Slamet Hw. 2007. Sosialisasi dan Simulasi PMRI bagi guru SD/MI, SMP/M.Ts dan SMA/SMK Muhammadiyah Kartasura dan Surakarta tgl, 3 Februari 2007. Surakarta Susento. 2006. Pembelajaran Konsep Sudut di SMP Melalui Proses Reinvensi Terbimbing. Makalah Seminar Nasional PMRI USD, 21-21 April 2006. Yogyakarta TIMSS. 1997. International versions of the background questionnaires. TIMSS International Study Center: Boston College, Chestnut Hill, MA, June 1997. Van den Akker, Jan. 1999. Principles and methods of development research. In Jan van den Akker et al. (Ed.) Design Approaches and Tools in Education and Training pp. 1-14. Dordrecht: kluwer Academic Publishers Zulkardi. 2002. Developing a learning environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian student teachers. Doctoral dissertation, University of Twente, Enschede, The Netherlands (copy ringkasan)en_US
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2566
dc.description.abstractPenelitian pengembangan tahun kedua ini bertujuan untuk menguji derajad keterpakaian model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Berbasis Media dan Berkonteks Lokal yang dirancang pada tahun pertama. Ujicoba dilaksanakan di tiga Sekolah Dasar di tiga Kabupaten/Kota yaitu Surakarta, Sukoharjo dan Boyolali. Melalui seting Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Model yang dirancang dapat diimplementasikan dengan baik di semua tingkatan mulai Kelas 1 sampai Kelas 6. (2) Media Pembelajaran yang dirancang untuk menunjang proses pembelajaran mudah diperoleh di semua lokasi ujicoba, (3) Media pembelajaran yang dirancang untuk menunjang proses pembelajaran mudah digunakan, baik oleh guru maupun siswa, (4) Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Media dan Berkonteks Lokal dapat meningkatkan: minat, keaktifan, kreativitas, kemandirian dan penguasaan konsep siswa, dan (5) ternyata pelaksanaan PMR memerlukan waktu yang lebih lama, karena guru-guru belum biasa dengan model yang baru. Dari temuan tersebut dapat dinyatakan bahwa model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Media dan Berkonteks Lokal (Surakarta) memiliki derajad keterpakaian yang tinggi, cukup efektif namun kurang efisien karena memerlukan waktu yang cukupen_US
dc.description.sponsorshipBERSAING DIKTIen_US
dc.publisherLPPM UMSen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.subjectRealistiken_US
dc.subjectBerbasis Media Berkonteks Lokalen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MATERI DAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS MEDIA DAN BERKONTEKS LOKAL SURAKARTA DALAM MENUNJANG KTSPen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record