PENGEMBANGAN KONSEP DIRI PADA ETNIS JAWA-CINA ARAB: ASPEK KOMPETENSI SOSIAL PADA ANAK
View/ Open
Date
2009-10Author
Yunita, Rosana Dewi
Patnani, Miwa
Purtojo, Lisnawati R
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia merupakan negara yang tergolong multikultural, dimana berpengaruh terhadap
kebiasaan dan perilaku masyarakatnya. Berbagai studi menunjukkan adanya perbedaan
pandangan dan pola asuh orangtua terhadap anak dari berbagai latar budaya yang ada. Hal ini
akan mempengaruhi bagaimana peran mereka dalam mengembangkan konsep diri anak yang
berpengaruh terhadap kompetensi sosial mereka.
Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana peran orangtua dalam mengembangkan
kompetensi sosial anak. Fokus penelitian ini lebih pada meneliti peran orangtua dari berbagai
golongan etnis dalam mengembangkan salah satu aspek dari kompetensi sosial, yaitu aspek
konsep diri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif.
Berdasar hasil analisa data, nampak bahwa kemampuan anak telah sesuai dengan taraf
perkembangannya. Pencapaian kemampuan itu tampaknya tidak lepas dari pengaruh keluarga.
Dari hasil observasi dan wawancara, nampak bahwa pola asuh orangtua menjadi faktor utama
bagaimana pola perilaku anak. Tujuan awal dari penelitian ini untuk melihat kompetensi anak
dan konsep diri anak berdasarkan keturunan/etnis, belum terlihat dengan jelas. Konsep diri pada
subjek penelitian sudah berkembang dengan cukup baik, hanya saja rasa percaya diri yang masih
perlu dikembangkan. Dari hasil penelitian, nampak bahwa tidak ada perbedaan konsep diri atau
kompetensi pada subjek penelitian.