SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU SEBAGAI SEKOLAH ALTERNATIF DI SURAKARTA (Pengkajian tentang Varian Visi, Misi, dan Model Kurikulum)
Abstract
yang sama. Semuanya hidup dalam upaya mengangkat dan menegakkan martabat manusia
melalui transmisi yang dimilikinya. Terutama dalam bentuk transfer of knowledge dan transfer
of value. Penelitian ini meneliti tentang visi misi sekolah, dan model kurikulum, Jenis penelitian
yang penulis lakukan ini berupa penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan
kualitatif. Dari hasil tersebut dihasilkan kesimpulan Sekolah Dasar Islam Terpadu di Surakarta
mengarahkan semua kegiatannya, pada visi misi masing-masing sekolah yang variatif , yaitu
unggulan , Islami, Tauhid, Syariah Professional. Mode kurikulum Nasional (KTSP) diacu oleh
semua Sekolah Dasar Islam Terpadu dengan spesifikasi yang berbeda-beda pengembangannya
pada kurikulum local dan ekstra. Kurikulum terpadu atau kurikulum unggulan yang didesain
oleh masing-masing Sekolah Dasar Islam Terpadu di Surakarta belum terpadu secara ideal
tetapimasih bersifat kurikulum pendekatan “mata pelajaran” dan dari pelaksanaannya
memadukan antara ilmu umum di dekati pengamalannya atau enjelasannya dengan dalil naqli.