PEMAHAMAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD AL-AZHAR SOLO BARU TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
Penelitian ini berupa penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan dan analisis deskriptif kualitatif untuk mencari Pemahaman
Guru Pendidikan Agama Islam SD Al-Azhar Solo Baru tentang
Pendidikan Karakter. Berdasarkan data yang diperoleh, kemudian
dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif, didapatkan hasil bahwa
pemahaman guru terhadap pendidikan karakter di SD AlAzhar 28 Solo
Baru adalah terdiri dari lima hal, pertama, Dalam bidang Ibadah,
pendidikan karakter yang tertanam adalah: terbentuknya ketertiban,
disiplinan, ketaatan, tanggung jawab dan keteraturan dalam beribadah.
Kedua, Kedisiplinan, maka pendidikan karakter adalah: melatih
menghargai waktu, saling menyapa guru dengan siswa dengan salim
dan salammelatih hidup sederhana, tidak terjadi kecemburuan sosial.
Ketiga, Kebersihan dan Keindahan, adalah: menanamkan kesejajaran
status anak, suapaya tidak menimbulkan kecemburuan sosial, melatih
anak supaya taat kepada peraturan, membiasakan siswa berpakaian
yang Islami, menanamkan siswa pentingnya kebersihan, terutama di
kamar mandi dari najis. Keempat, Prilaku Sosial, adalah: menanamkan
siswa untuk berbicara dan berprilaku yang sopan dan santun, tidak
menyakiti temannya, penanaman nilai-pemahaman guru Pendidikan
Agama Islam dalam pendidikan karakter adalah: Menamamkan cara
makan dan minum secara Islami dan melatih adab dalam makan dan
minum.