dc.identifier.citation | An Nahlawi, Abdurrahman. 1991. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, Sekolah, Masyarakat. Bandung: Diponegoro. Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta. Budiyanto, Dwi. 2009. Prophetic Learning. Yogyakarta: Pro-U Media, Bintari, Sulis. 2007. Pelaksanaan Pendidikan Anak Dalam Keluarga TKW (Studi Kasus di Desa Sumberputih Kecamatan Wajak Kabupaten Malang). Malang: Tarbiyah-UIN . Cecep Wahyu Hoerudin, Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter, dalam Jurnal Pendidikan, Vol. 10, No. 1, Mei 2011. Darmiyati Zuchdi, Zuhdan Kun Prasetya, Muhsinatun Siasah Masruri (2010) penelitian tentang Pengembangan Model Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif, Terpadu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS di Sekolah Dasar Fattah, Nanang. 1996. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya. Hadi, Sutrisno. 1993. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset. Hasbullah. 1999. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hasbullah. 2007. Otonomi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hendropuspito. 1988. Sosiologi Agama. Jakarta: Yayasan Kanisius. Hidayatullah, M. Furqon. 2009. Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta:Yuma Pustaka. Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan karakter (berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan) Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, 2010, Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Lexy J. Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Miles, MB, and A.M. Huberman. 1984. Qualitative Data Analysis. Beverley Hills: Sage Pub. Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya. Moh. Amin, Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Pasuruan, PT. Garoeda Buana Indah, 1992 Mulyana, Aina. 2011. Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter Bangsa Melalui Pakem dalam KBM di SMPN 2 Cikeusik Kabupaten Pandeglang Nawawi, Hadari. 1990. Administrasi Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung. Prawiro, Bambang.1991.Strategi Belajar Mengajar.Surakarta:UNS press. Ritzer, Goerge. Goodman, Dauglasj. 2003. Teori Sosiologi Modern, Edisi ke Enam. Jakarta: Prenada Media. Sudarman, Danim. 2000. Metode Penelitian untuk Ilmu-ilmu Perilaku. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Sri Mulyanti. 2010, penelitian Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Berorientasi Pendidikan Karakter (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas III SDN Cilaku I Kabupaten Cianjur). Cianjur: Lembaga Penelitian UPI. Suyanto, Urgensi Pendidikan Karakter, dalam (http://mandikdasmen. kemdiknas.go.id/web/pages/urgensi.html). Tilaar, HAR. 2000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta. W. Gulo. 2002. Strategi BelajarMengajar. Jakarta:Grasindo. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini berupa penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan dan analisis deskriptif kualitatif untuk mencari Pemahaman
Guru Pendidikan Agama Islam SD Al-Azhar Solo Baru tentang
Pendidikan Karakter. Berdasarkan data yang diperoleh, kemudian
dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif, didapatkan hasil bahwa
pemahaman guru terhadap pendidikan karakter di SD AlAzhar 28 Solo
Baru adalah terdiri dari lima hal, pertama, Dalam bidang Ibadah,
pendidikan karakter yang tertanam adalah: terbentuknya ketertiban,
disiplinan, ketaatan, tanggung jawab dan keteraturan dalam beribadah.
Kedua, Kedisiplinan, maka pendidikan karakter adalah: melatih
menghargai waktu, saling menyapa guru dengan siswa dengan salim
dan salammelatih hidup sederhana, tidak terjadi kecemburuan sosial.
Ketiga, Kebersihan dan Keindahan, adalah: menanamkan kesejajaran
status anak, suapaya tidak menimbulkan kecemburuan sosial, melatih
anak supaya taat kepada peraturan, membiasakan siswa berpakaian
yang Islami, menanamkan siswa pentingnya kebersihan, terutama di
kamar mandi dari najis. Keempat, Prilaku Sosial, adalah: menanamkan
siswa untuk berbicara dan berprilaku yang sopan dan santun, tidak
menyakiti temannya, penanaman nilai-pemahaman guru Pendidikan
Agama Islam dalam pendidikan karakter adalah: Menamamkan cara
makan dan minum secara Islami dan melatih adab dalam makan dan
minum. | en_US |