• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
    • Volume 22, Nomor 2, Juni 2012
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
    • Volume 22, Nomor 2, Juni 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Pembelajaran Sosiologi melalui Model Partispatif Berbasis Poster di Kelas III-Ips SMAN 1 Polanharjo Klaten

    Thumbnail
    View/Open
    2. SUBAKRI.pdf (96.65Kb)
    Date
    2012-12
    Author
    Subakri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Sosiologi di SMA menekankan pemahaman konsep stratifikasi sosial yang meliputi: stratifikasi masyarakat pertanian; stratifikasi dalam masyarakat feodal; pengaruh kolonialisme terhadap stratifikasi sosial; pengaruh industrialisasi terhadap pem-bentukan stratifikasi sosial. Keempat macam stratifikasi sosial itu harus dikuasai siswa sebagai kesatuan konsep secara seimbang dan terpadu. Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Polanharjo mengalami beberapa hambatan. Salah satu hambatannya adalah kurang efektif tercermin tingkat penguasaan materi pelajaran siswa kurang bermakna dan cenderung tidak bisa bertahan lama, lebih dari 38% siswa kelas III-IPS belum dapat memahami konsep stratifikasi sosial dalam pembelajaran sosiologi secara baik, disebabkan guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional (ceramah) sehingga keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar kurang dinamis. Untuk meningkatkan kemampuan memahami pembelajaran konsep stratifikasi sosial dalam pembelajaran sosiologi para siswa dapat ditempuh dengan model pembelajaran partisipatif berbasis poster. Secara umum rata-rata hasil tes pada siklus pertama dan kedua tetap pada kategori paham, tetapi dilihat dari skor mengalami kenaikan sebesar 2,0 dari jumlah 28,47 menjadi 30,47. Dengan hitungan persentase, kenaikan itu adalah sebesar 5% dari 71% menjadi 76%. Secara kelasikal pemahaman konsep stratifikasi sosial para siswa dalam pembelajaran sosiologi pada siklus pertama mencapai 71 % dan meningkat 5 % pada siklus kedua menjadi 76 %.Pada siklus pertama target ketuntasan belum tercapai karena masih dibawah 75 % sedang pada siklus kedua telah dapat dilampaui yakni 76 % atau satu persen diatas target yang dicanangkan sebelumnya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3147
    Collections
    • Volume 22, Nomor 2, Juni 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV