Eksperimentasi Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri Siswa 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah
pendekatan pembelajaran yang lebih efektif antara Pembelajaran
Matematika Realistik atau ekspositori untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun
pelajaran 2012/ 2013.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu karena
kontrol dilakukan tidak pada semua variabel yang relevan, tujuannya
adalah untuk membatasi cakupan penelitian. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun
pelajaran 2012/ 2013 yang terdiri dari 8 kelas sebanyak 289 siswa.
Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang di ambil secara cluster
random sampling, yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen
sebanyak 36 siswa dan kelas VII H sebagai kelas kontrol sebanyak 36
siswa. Kelas eksperimen diterapkan pengembangan perangkat
pembelajaran dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik
yang telah dihasilkan pada Penelitian Hibah Bersaing tahun I (tahun
2012), sedangkan kelas kontrol diterapkan pendekatan ekspositori.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk
memperoleh data nilai awal siswa dan tes untuk data prestasi belajar
matematika siswa. Uji keseimbangan menggunakan uji t yang diambil
dari nilai UTS matematika kelas VII semester I tahun pelajaran 2012/
2013. Teknik analisis data analisis uji t dengan uji prasyarat analisis
yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas
dengan metode Bartlett.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata tes
prestasi belajar matematika untuk kelas eksperimen sebesar 7.36
dengan standar deviasi 1.0533, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol
sebesar 5.83 dengan standar deviasi 1.0168. Dengan taraf signifikan
5%, diperoleh hasil t
hitung
= 6.3941 dan t
= 1.994, sehingga
t
hitung
>t
tabel
tabel
, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pembelajaran
Matematika Realistik lebih efektif daripada pendekatan ekspositori
untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII
semester gasal SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/ 2013.