Browsing Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013 by Title
Now showing items 1-20 of 25
-
Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Barisan dan Deret Pada Siswa Kelas XII SMA Al-Islam 3 Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pada pokok bahasan barisan dan deret, kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk ... -
The Backgrounds Of Female Student’s Enrollment At The Mathematics Education Department Of Muhammadiyah University Of Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)The purpose of this research is to describes: (1)the perception of prospective female students before enroll at the Mathematics Department of UMS, (2) the background of female students enroll at the Mathematics Education ... -
Beberapa Teorema Titik Tetap Untuk Pemetaan Nonself
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Dalam paper ini, kami membuktikan beberapa teorema titik tetap untuk pemetaan nonself condensing, kompak dan kontinu, jumlah dua operator, kontraksi dan nonexpansive. Pertama, dengan menggunakan beberapa sifat ukuran ... -
Distribusi Erlang dan Penerapannya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Distribusi Erlang adalah distribusi kontinu dengan parameter > 0 dan bilangan bulat positif. Distribusi Erlang merupakan salah satu kasus khusus dari distribusi Gamma dengan parameter > 0 dan > 0. Sehingga dapat ... -
Dukungan Lingkungan Sosial, Minat, dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Karya tulis ini disusun sebagai laporan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SMP Muhahammadiyah 1 Surakarta dengan mengambil 171 siswa kelas VIII sebagai sampel penelitian. Tujuan penelitian ini adalah: ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Assessment For Learning dan Eksperimentasi Pembelajaran Menggunakan Perpaduan Metode Penemuan Dengan Pendekatan Investigasi 97
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing- masing kategori model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain ... -
Eksperimentasi Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri Siswa 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah pendekatan pembelajaran yang lebih efektif antara Pembelajaran Matematika Realistik atau ekspositori untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII semester ... -
The Factors Making Female Graduates Of Department Of Mathematics Education Of Muhammadiyah University Of Surakarta Not Become Mathematics Teacher
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)The purpose of this research is to describe: (1) the perceptions of female graduates of department of mathematics education of Muhammadiyah University of Surakarta about mathematic teacher profession and other profession, ... -
The Implementation Of Problem Based Learning Model Through Group Investigation In Mathematics Learning Viewed From Student’s Adaptive Reasoning In SMP Negeri 1 Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)The purpose of this research is to analyze: (1) the influence of the use of problem based learning model through group investigation to student’s mathematics achievement, (2) the influence of adaptive reasoning ability ... -
Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Aritmetika Sosial
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pokok bahasan Aritmetika Sosial. Penelitian ini merupakan ... -
Kontribusi Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Fasilitas Belajar Dan Jarak Tempat Tinggal Siswa SMK
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi kemandirian terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari fasilitas belajar dan jarak tempat tinggal siswa, (2) menguji perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari fasilitas ... -
Meningkatkan Penalaran Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)The purpose of this study is to describe an increase in communication and mathematical reasoning skills students after learning with the learning model Treffinger Inequality Matter Linear Equations and One Variable. ... -
Model Kooperatif Tipe Stad Bagi Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 14 Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk : Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pada Bentuk Aljabar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD bagi peserta didik Kelas VIII A SMP Negeri 14 ... -
Optimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Colomadu )
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan ... -
Optimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus Untuk Meningkatkan Komunikasi dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Colomadu )
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP dengan menerapkan strategi pembelajarana siklus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). ... -
Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode RME (PTK Di MTS N Karangmojo)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)The purpose of this study: to describe an increase in the activity of learning mathematics through RME method. This type of research collaborative PTK. The study subjects were free of action is class VIII B MTs N Karangmojo, ... -
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis SMA Dengan Pemanfaatan Software Core Math Tools.
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan pemanfaatan software core. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pemanfaatan software core. Jenis ... -
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Belajar Matematika Dengan Pemanfaatan Software Core Math Tools (PTK Pada Siswa Kelas Xi A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas belajar matematika siswa melalui pemanfaatan software CMTpada kelas XI A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. ... -
Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Pada Bangun Ruang (PTK Pada Siswa Kelas Viii Semester Genap Mts Ypi Klambu Tahun Ajaran 2011/2012)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada bangun ruang (kubus dan balok). Metode yang ... -
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode Tutor Sebaya ( PTK Di MTS N Karangmojo)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-05-15)The purpose of this study: to describe an increase in the quality of mathematics learning through peer tutoring methods. This type of research collaborative PTK. The study subjects were free of action is class VII B MTs ...