dc.contributor.author | Pramukti, Reka | |
dc.contributor.author | P. Khotimah, Rita | |
dc.date.accessioned | 2013-07-05T01:13:04Z | |
dc.date.available | 2013-07-05T01:13:04Z | |
dc.date.issued | 2013-05-15 | |
dc.identifier.citation | Achsan. “Bab III Metode Penelitian” (online), (http://www.google.co.id/search?q=triangulasi+metode&ie=utf-8&oe=utf8&aq=t&rls=org.mozilla:id:official&client=firefox-a diakses tanggal 10 November 2012). Djajanti, Sri. 2011. Kontribusi Kepemimpinan, Komunikasi matematika Impersonal dan Motivasi Terhadap Prestasi Sekolah di SMP Negeri Rayon Tengah Kabupaten Sragen. Tesis. Surakarta : Magister Manajemen Pendidikan UMS (tidak diterbitkan). Faiq, Muhammad. 2012. “Model Pembelajaran Siklus (Learning Cycle)” (online), (http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2012/05/model-pembelajaran- siklus-belajar.html di akses tanggal 11 Februari 2013, 12.35). Kunandar. 2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers. Rahardjo, Mudjia. 2010. “Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif” (online), (http://mudjiarahardjo.com/artikel/270.html?task=view diakses tanggal 9 November 2012). Sutama. 2011. Penelitian Tindakan Teori dan Praktik dalam PTK, PTS, dan PTBK. Semarang: Citra Mandiri Utama. Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta:Bumi Aksara. | en_US |
dc.identifier.issn | 978-602-17617-2-4 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3232 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan prestasi
belajar matematika siswa kelas VIII SMP dengan menerapkan strategi
pembelajarana siklus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP N 3 Colomadu
yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi dan prestasi belajar
matematika siswa melalui strategi pembelajaran siklus. Peningkatan ini dapat
dilihat dari indikator-indikator, yaitu: siswa dapat membuat pertanyaan tentang
materi yang dipelajari sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (32,26%) dan setelah
tindakan sebanyak 23 siswa (74,19%); siswa dapat menerapkan situasi masalah
menggunakan gambar, bagan, tabel dan secara aljabar sebelum tindakan sebanyak
8 siswa (25,81%) dan setelah tindakan sebanyak 26 siswa (83,87%); siswa dapat
menggunakan representasi untuk menyatakan solusi masalah sebelum tindakan
sebanyak 5 siswa (16,13%) dan setelah tindakan sebanyak 21 siswa (67,74%).
Peningkatan prestasi belajar matematika siswa dapat terlihat dari siswa yang
mendapatkan nilai memenuhi KKM
75 sebelum tindakan sebanyak 13 siswa
(41,94%) dan setelah tindakan sebanyak 26 siswa (83,87%). Dapat disimpulkan
bahwa penerapan strategi pembelajaran siklus dapat meningkatkan komunikasi
dan prestasi belajar matematika. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | Strategi pembelajaran siklus | en_US |
dc.subject | komunikasi | en_US |
dc.subject | prestasi belajar matematika | en_US |
dc.title | Optimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus Untuk Meningkatkan Komunikasi dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Colomadu ) | en_US |
dc.type | Article | en_US |