Show simple item record

dc.contributor.authorPramukti, Reka
dc.contributor.authorP. Khotimah, Rita
dc.date.accessioned2013-07-05T01:13:04Z
dc.date.available2013-07-05T01:13:04Z
dc.date.issued2013-05-15
dc.identifier.citationAchsan. “Bab III Metode Penelitian” (online), (http://www.google.co.id/search?q=triangulasi+metode&ie=utf-8&oe=utf8&aq=t&rls=org.mozilla:id:official&client=firefox-a diakses tanggal 10 November 2012). Djajanti, Sri. 2011. Kontribusi Kepemimpinan, Komunikasi matematika Impersonal dan Motivasi Terhadap Prestasi Sekolah di SMP Negeri Rayon Tengah Kabupaten Sragen. Tesis. Surakarta : Magister Manajemen Pendidikan UMS (tidak diterbitkan). Faiq, Muhammad. 2012. “Model Pembelajaran Siklus (Learning Cycle)” (online), (http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2012/05/model-pembelajaran- siklus-belajar.html di akses tanggal 11 Februari 2013, 12.35). Kunandar. 2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers. Rahardjo, Mudjia. 2010. “Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif” (online), (http://mudjiarahardjo.com/artikel/270.html?task=view diakses tanggal 9 November 2012). Sutama. 2011. Penelitian Tindakan Teori dan Praktik dalam PTK, PTS, dan PTBK. Semarang: Citra Mandiri Utama. Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta:Bumi Aksara.en_US
dc.identifier.issn978-602-17617-2-4
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3232
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP dengan menerapkan strategi pembelajarana siklus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP N 3 Colomadu yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi dan prestasi belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran siklus. Peningkatan ini dapat dilihat dari indikator-indikator, yaitu: siswa dapat membuat pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (32,26%) dan setelah tindakan sebanyak 23 siswa (74,19%); siswa dapat menerapkan situasi masalah menggunakan gambar, bagan, tabel dan secara aljabar sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (25,81%) dan setelah tindakan sebanyak 26 siswa (83,87%); siswa dapat menggunakan representasi untuk menyatakan solusi masalah sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (16,13%) dan setelah tindakan sebanyak 21 siswa (67,74%). Peningkatan prestasi belajar matematika siswa dapat terlihat dari siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM  75 sebelum tindakan sebanyak 13 siswa (41,94%) dan setelah tindakan sebanyak 26 siswa (83,87%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran siklus dapat meningkatkan komunikasi dan prestasi belajar matematika.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectStrategi pembelajaran siklusen_US
dc.subjectkomunikasien_US
dc.subjectprestasi belajar matematikaen_US
dc.titleOptimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus Untuk Meningkatkan Komunikasi dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Colomadu )en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record