Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Barisan dan Deret Pada Siswa Kelas XII SMA Al-Islam 3 Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa
dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pada pokok bahasan barisan
dan deret, kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika
bentuk cerita pokok bahasan barisan dan deret ditinjau dari aspek bahasa, aspek
prasyarat, dan aspek terapan, dan tingkat persentase kesalahan yang dilakukan
siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pokok bahasan barisan
dan deret ditinjau dari aspek bahasa, aspek prasyarat, dan aspek terapan.
Informan dari penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMA Al-Islam 3
Surakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes sebagai metode
pokok. Metode bantu berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis
data secara kualitatif melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mampu
menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pokok bahasan barisan dan
deret yaitu 1 orang, sedangkan siswa yang belum mampu menyelesaikan soal
berjumlah 9 orang. Persentase kesalahan dalam aspek bahasa sebesar 66%
tergolong tinggi, persentase kesalahan dalam aspek prasyarat sebesar 56%
tergolong sedang, dan persentase kesalahan aspek terapan sebasar 58%
tergolong sedang. Dari data yang diperoleh berdasarkan analisis jawaban siswa
dan wawancara menunjukkan bahwa kesalahan dalam pemahaman bahasa
merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yang disebabkan
siswa kurang memahami atau mencermati bahasa soal sehingga kesulitan
menentukan apa yang diketahui dalam soal.