dc.contributor.author | Basuki, Novila Rahmad | |
dc.date.accessioned | 2013-07-05T08:13:10Z | |
dc.date.available | 2013-07-05T08:13:10Z | |
dc.date.issued | 2012-05-09 | |
dc.identifier.citation | Abdussakir. 2009. Pembelajaran geometri dan teori Van Hiele. Tersedia pada http://abdussakir.wordpress.com/2009/01/25. (Diunduh pada tanggal 12 April 2012). Darmawan Widodo. 2009. Analisis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan. Tesis. Program Pasca Sarjana UNS. Tidak diterbitkan. Husnaini. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Van Hiele dalam Membantu Siswa Kelas IV SD Membangun Konsep Segitiga. Universitas Terbuka. Kartono. 2010. Hands On Activity pada Pembelajaran Geometri Sekolah Sebagai Asesmen Kinerja Siswa. KREANO (Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif): FMIPA UNNES. Tersedia: http://journal.unnes.ac.id/index.php/kreano/article/download/219/228. ISSN 2085-2334. (Diunduh pada tanggal 12 April 2012). Makmur Sugeng. 2004. Pengaruh Pembelajaran Ralistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Unit Geometri Ditinjau dari Respon Siswa Terhadap Proses Pembelajaran pada Siswa III IPA SMU Negeri Kota Surakarta. Tesis. Program Pasca Sarjana UNS. Tidak diterbitkan. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-979-636-140-3 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3258 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa kelas XI SMK dalam menjawab soal
geometri pada materi pokok bangun datar. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas XI SMK Negeri 1
Gondang yang mempunyai kemampuan matematika rendah. Pengumpulan data siswa berdasarkan kelancaran
berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dan
wawancara berbasis tugas. Analisis data dilakukan berdasarkan data tes tertulis dan data wawancara berbasis
tugas. Selanjutnya dilakukan triangulasi metode untuk mendapatkan data subjek penelitian yang valid.
Penelitian ini menghasilkan deskripsi kesulitan belajar siswa SMK sebagai berikut. Siswa mengalami
kesulitan dalam hal menjawab soal yang baru; siswa kurang memahaminya konsep lingkaran; dan
siswa sulit mengingat rumus. | en_US |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | en_US |
dc.subject | geometri dan bangun datar | en_US |
dc.subject | kesulitan belajar | en_US |
dc.title | Analisis Kesulitan Siswa SMK Pada Materi Pokok Geometri dan Alternatif Pemecahannya | en_US |
dc.type | Article | en_US |