dc.contributor.author | Dewanti, Sintha Sih | |
dc.date.accessioned | 2013-07-09T23:14:02Z | |
dc.date.available | 2013-07-09T23:14:02Z | |
dc.date.issued | 2012-05-09 | |
dc.identifier.citation | Kunandar. 2010. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Mulyasa, E. 2011. Menjadi guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya. Muslich, Masnur. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara. Nurdin, Muhammad. 2010. Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group. Permendiknas RI No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Rusman. 2010. Model – Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta. Tim. 2009. Suplemen BPAF Program Studi Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijga Yogyakarta. Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Pembelajaran Mikro. Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijga Yogyakarta. UU RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Usman, M. Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya. | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-979-636-140-3 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3275 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini mendeskripsikan kesiapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika
sebagai calon pendidik profesional di bidang matematika melalui matakuliah Praktik
Pembelajaran Mikro (PPM). Subyek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang
mengambil matakuliah PPM pada semester genap tahun akademik 2011/2012. PPM
merupakan praktikum yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar
sebelumnya ke dalam program pelatihan untuk menyiapkan mahasiswa agar menguasai
kompetensi keguruan sehingga dapat mengemban tugas dan tanggung jawab secara
profesional. Instrumen pengumpulan data berupa: 1) lembar penilaian rencana pelaksanaan
PPM; 2) lembar observasi praktik pembelajaran keterampilan dasar dalam proses
pembelajaran; 3) lembar penilaian kompetensi praktikan; 4) catatan PPM; dan 5) lembar
evaluasi PPM. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa mahasiswa sudah siap
menjadi calon pendidik profesional di bidang matematika menurut kompetensi pedagogik,
kepribadian, profesional, dan sosial. Faktor yang paling mempengaruhi kesiapan
mahasiswa sebagai calon pendidik profesional di bidang matematika adalah kemampuan
penguasaan materi prasyarat matakuliah PPM terutama pada matakuliah kependidikan
matematika. | en_US |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | en_US |
dc.subject | mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika | en_US |
dc.subject | pendidik profesional | en_US |
dc.title | Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Sebagai Calon Pendidik Profesional | en_US |
dc.type | Article | en_US |