Show simple item record

dc.contributor.authorSholeh, Khabib
dc.date.accessioned2013-08-02T07:28:40Z
dc.date.available2013-08-02T07:28:40Z
dc.date.issued2013-06-01
dc.identifier.citationBurhan, Jazir. 1971. Problema Bahasa dan Penagajran Bahasa Indonesia. Bandung: Ganaco NV. Darmadi, Kaswan. 2000. “Keterbacaan Buku Ajar Wajib di SD, SLTP, dan SMU: Studi Kasus di Surakarta” dalam Humaniora Volume 1, Nomor 2 Agustus 2000. Hlm. 129 – 144. Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas. 2003. Pedoman Umum Pengembangan Penilaian Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas. Depdiknas. 2006. Silabus Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas. Grinder, Michael. 1991. Righting the Educational Conveyor Belt. Portland,Ore: Metamorphous Press. Mulyadi. 2008. ”Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa” Skripsi. UPI Bandung. Richadeau, F. 1980. The Design and Production of Textbooks: A Practical Guide. Gower. Senjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 1986. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.en_US
dc.identifier.issn978-979-1032-64-3
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3356
dc.description.abstractSistem pendidikan nasional yang mengukur tingkat kecerdasan anak didik yang hanya menekankan kemampuan logika dan bahasa perlu direvisi. Kecerdasan intelektual tidak hanya mencakup dua parameter tersebut, tetapi juga harus dilihat dari aspek kinestetis, musikal, visual-spatial, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Oleh karena itu, pengembangan teks materi pembelajaran multiple intelligences mensyaratkan beberapa hal dalam pengembangan teks. (1) Penggunaan teks dalam pembelajaran harus mendorong peserta didik untuk beraktivitas dan juga harus memiliki keberagam tanggapan dengan pertanyaan yang bervariasi sehingga membuat anak tidak merasa terbebani. (2) Teks bahan pembelajaran hendaknya disusun dengan optimalisasi modalitas belajar dengan menyajikan teks yang berbentuk verbal maupun nonverbal secara bervariasi. (3) Teks pembelajaran hendaknya memiliki makna dan manfaat bagi peserta didik, sehingga mereka akan menyadari bahan yang mereka pelajari berguna bagi hidupnya. (4) Pendidik harus meyakini bahwa teks pembelajaran yang disampaikannya akan membawa perubahan dalam kehidupan pesertia diiddik yang diajarnya, sehingga mereka akan sangat tertarik dengan pelajaran tersebut.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectteks materi pembelajaranen_US
dc.subjectmultiple intelligencesen_US
dc.titlePengembangan Teks Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Buku Ajar Berbasis Multiple Intelligences Dalam Kurikulum 2013en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record