Browsing Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2013 by Issue Date
Now showing items 1-20 of 20
-
Sastra Terjemahan Sebagai Bahan Penunjang Pengajaran Sastra
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Terbatasnya buku dan bacaan penunjang pembelajaran sastra di sekolah, khususnya di tingkat sekolah menegah, menjadi salah satu kendala bagi keberhasilan pembelajaran sastra. Selain itu, rendahnya minat pelajar terhadap ... -
Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Belajar Dari Ohio Amerika Serikat
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Saat ini sedang dilaksanakan sosialisasi Kurikulum 2013 dengan segala problemnya. Kurikulum 2013 yang mencakup sejumlah perubahan direncanakan mulai diberlakukan Juli 2013 di sebagian sekolah di Indonesia yang dipilih ... -
Pengembangan Model Integratif Berbasis Aspek Wacana Pada Pembelajaran Menulis Dongeng Peserta Didik SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Salah satu masalah nasional yang sedang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya nilai literasi. Salah satu sebabnya adalah minat membaca dan menulis di kalangan pelajar maupun masyarakat yang masih rendah. Kepala Badan ... -
Peran Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Media adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar. Banyak media yang dapat dibawa ke dalam kelas yang dapat menggairahkan siswa sekolah dasar untuk belajar bahasa Indonesia. Salah satu media yang dapat ... -
Pemilihan Kata Bahasa Indonesia Sebagai Sarana Penguasaan Bahan Ajar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Bahasa sebagai alat komunikasi memiliki peran sebagai sarana penyampai informasi. Dengan demikian, bahasa juga memiliki peran sebagai penyampai informasi ilmiah atau keilmuan. Semakin mudah bahasa dipahami, semakin ... -
Teks Sastra: Pendidikan Yang Berseni Dalam Mengembangkan Kepribadian Positif Dan Bernilai Luhur
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Perubahan kurikulum yang dinamakan Kurikulum 2013 merupakan kelanjutan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan ... -
Bahasa Sebagai Sarana Belajar Dan Berpikir
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Pemberlakuan Kurikulum 2013 harus disikapi dengan positif. Untuk itu perlu persiapan dari seluruh komponen pendidikan terutama Guru Bahasa Indonesia. Salah satu upaya menghadapi kurikulum berbasis teks ini ini adalah ... -
Teks Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Penggunaan bahasa memungkinkan manusia berpikir secara abstrak, sistematis, teratur, kritis, dan kreatif. Kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar dapat menuntun siswa berpikir teratur dan bernalar logis. ... -
Bahasa Sebagai Sarana Belajar Dan Berpikir
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Manusia dapat berpikir dengan baik karena mempunyai bahasa. Tanpa bahasa maka manusia tidak akan dapat berpikir secara rumit dan abstrak. Tanpa mempunyai kemampuan berbahasa maka kegiatan berpikir secara sistematis dan ... -
Bahasa Sebagai Sarana Berpikir Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Banyak orang dapat berbahasa Indonesia, tetapi tidak banyak yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia. Dapat berbahasa Indonesia artinya sekadar dapat berbicara dalam bahasa Indonesia pada situasi-situasi ... -
Pengembangan Indikator Dalam Upaya Mencapai Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Indikator mempunyai peranan yang sangat penting dalam rancangan persiapan pembelajaran karena proses belajar mengajar yang baik harus direncanakan dengan baik pula. Pengembangan indikator yang baik akan mengukur kompetensi ... -
Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Dalam minggu ketiga bulan Maret yang lalu terdapat dua tulisan yang menarik untuk disimak yang dimuat harian Kompas terkait dengan Kurikulum 2013, khususnya tentang kurikulum bahasa Indonesia. Dua tulisan tersebut ... -
Penilaian Ranah Afektif Dalam Menulis Cerpen Menyongsong Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Penilaian ranah afektif merupakan penilaian yang mencakup banyak dimensi yang antara lain mencakup watak perilaku perasaan, sikap, minat, emosi, dan motivasi. Ranah afektif merupakan salah satu ranah yang perlu ... -
Produksi Cerita Pendek Melalui Pengembangan Nilai-Nilai Peribahasa Indonesia: Sebuah Kajian Awal
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Peribahasa menggambarkan sifat, perilaku, dan keadaan suatu masyarakat. Selain itu, peribahasa berfungsi sebagai alat kontrol untuk menjaga keharmonisan hubungan sosial. Akan tetapi, kenyataan yang terjadi adalah ... -
Pemilihan Materi Teks Sastra Tembang Jawa Dalam Upaya Penanaman Dan Mewujudkan Generasi Anak Bangsa Yang Berkarakter
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Sastra Jawa ialah sastra daerah yang telah memiliki akar kukuh di dalam kehidupan kebudayaannya, dan Robson (1978: 6-7) mengatakan bahasa sastra adalah bagian kebudayaan. Kebudayaan adalah kelompok adat kebiasaan, pikiran, ... -
Pengembangan Teks Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Buku Ajar Berbasis Multiple Intelligences Dalam Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Sistem pendidikan nasional yang mengukur tingkat kecerdasan anak didik yang hanya menekankan kemampuan logika dan bahasa perlu direvisi. Kecerdasan intelektual tidak hanya mencakup dua parameter tersebut, tetapi juga ... -
Pembelajaran Menyimak Di SMP Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2009/2010
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Menyimak dalam kehidupan sehari-hari penting karena memperoleh informasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Menyimak merupakan salah satu sarana ampuh dalam menjaring informasi. Berbagai ragam pengetahuan atau ... -
Pengembangan Sikap Positif Dan Internalisasi Nilai-Nilai Luhur Melalui Teks Sastra Media Massa Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Menyongsong Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Alasan perkembangan dan perubahan kurikulum didasari atas beberapa faktor. Hal ini diungkapkan Dakir (2010) dalam bukunya Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Faktor yang melatarbelakangi perubahan itu antara lain ... -
Teks Anekdot Sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Bahasa Dan Karakter Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-06)Humor sebagai salah satu sumber rasa gembira, mungkin, sudah menyatu dengan kelahiran manusia. Manusia memiliki dan menimbulkan naluri mencari kesenangan, kegembiraan, dan hiburan sejak masih bayi. Sejak bayi ... -
Teks Dokumen Diri Dan Keluarga Sebagai Media Pembelajaran Model Integrasi IPS ke Bahasa Indonesia
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-07-01)Kebijakan pemerintah terkait dengan Kurikulum 2013 menimbulkan pro dan kontra dari berbagai kalangan. Pro dan kontra harus disikapi dengan bijak mengingat tujuan adanya perubahan kurikulum adalah mencapai pendidikan ...