Pembelajaran Model Kulponsi dengan Menggunakan Komputer untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Pemetaan Data Statistik pada Mata Kuliah Kartografi Tematik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam proses pembelajaran pemetaan data statistik serta kinerja dosen dalam pembelajaran desain simbol pada mata kuliah kartografi tematik. Dosen menggunakan media komputer sebagai mediator sumber belajar dalam proses pembelajaran. Setting penelitian adalah mahasiswa semester gasal yang mengambil mata kuliah kartografi tematik di Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Tahun 2008/2009.
Pembelajaran KULPONSI dengan media komputer menunjukkan bahwa mahasiswa menjadi lebih aktif, kreatif dalam proses pembelajaran yang memanfaatkan kerja kelompok (setiap kelompok 2 orang) untuk menemukan pengalaman belajar. Pada akhir kegiatan terlihat bahwa potensi yang dimiliki mahasiswa dapat diaktualisasikan secara optimal, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor.
Hasil tes juga menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh mahasiswa meningkat secara signifikan. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kulponsi dengan media komputer selain lebih menarik juga dapat meningkatkan kreatifitas dalam berimprovisasi dikalangan mahasiswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kulponsi dengan menggunakan komputer kegiatan pembelajaran dapat lebih menarik dan penuh dengan kreativitas serta bermakna karena mahasiswa dalam posisi sebagai subyek belajar. Sementara dosen berfungsi sebagai fasilitator dan motivator.