dc.contributor.author | Martono, Agus Dwi | |
dc.date.accessioned | 2013-10-09T04:03:58Z | |
dc.date.available | 2013-10-09T04:03:58Z | |
dc.date.issued | 2008 | |
dc.identifier.citation | Agus Dwi Martono. 2004. Kartografi Tematik. Fakultas Geografi UMS. Surakarta. Argo Pambudi (2005) dalam penelitian berjudul: “Efektifitas Sistem Informasi Berbasis Komputer”. Jurnal Pendidikan, Lemlit UNY. Nomor 2 Tahun XXXV, November 2005. Arief S. Sadiman. (1993). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Azhar Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Basuki Soediharjo, 1977. Prinsip-Prinsip Dasar Pembuatan Peta Tematik. Fakultas Geografi UGM Yogyakarta. Yogyakarta. Bos, E.S. 1976. Thematic Cartography. Principles In Thematic Mapping. I.T. C The Netherlands. Dewi Padmo. (2004). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pustekkom. Dephankam RI. 1999. Himpunan Rancangan Ancangan Aplikasi (A.A) untuk Dosen Kewiraan Dirjen Permansvet Dephankam. Jakarta. Dickinson, G.L. 1973. Statistical Mapping and The Presentation of Statistic. Edward Arnold (Publisher) Ltd 25 Hillstreet London. Hisyam Zaini, dkk. 2002. Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Center for Teaching Staff Development (CTSD) – IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta. Raka Joni, T. 1998. Penelitian Tindakan Kelas: Beberapa Permasalahannya. Jakarta: PCM PGSM Ditjen Dikti. Suharsini Arikunto. 2004. Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktek. Revisi V. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta. Supardi. 2004. Penelitian Tindakan Kelas (Penyusunan Proposal dan Laporan Penelitian). Makalah, Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, DItjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departeman Pendidikan Nasional. Yanti Herlanti (1999) dalam penelitian berjudul: “Penggunaan Media Pembelajaran dengan Multimedia Berbasis Komputer untuk Pembelajaran Bahasa di MTs”. Jurnal Teknologi Pembelajaran, LPPM UMMA. Edisi Oktober 2007. | en_US |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3542 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam proses pembelajaran pemetaan data statistik serta kinerja dosen dalam pembelajaran desain simbol pada mata kuliah kartografi tematik. Dosen menggunakan media komputer sebagai mediator sumber belajar dalam proses pembelajaran. Setting penelitian adalah mahasiswa semester gasal yang mengambil mata kuliah kartografi tematik di Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Tahun 2008/2009.
Pembelajaran KULPONSI dengan media komputer menunjukkan bahwa mahasiswa menjadi lebih aktif, kreatif dalam proses pembelajaran yang memanfaatkan kerja kelompok (setiap kelompok 2 orang) untuk menemukan pengalaman belajar. Pada akhir kegiatan terlihat bahwa potensi yang dimiliki mahasiswa dapat diaktualisasikan secara optimal, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor.
Hasil tes juga menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh mahasiswa meningkat secara signifikan. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kulponsi dengan media komputer selain lebih menarik juga dapat meningkatkan kreatifitas dalam berimprovisasi dikalangan mahasiswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kulponsi dengan menggunakan komputer kegiatan pembelajaran dapat lebih menarik dan penuh dengan kreativitas serta bermakna karena mahasiswa dalam posisi sebagai subyek belajar. Sementara dosen berfungsi sebagai fasilitator dan motivator. | en_US |
dc.publisher | UMS | en_US |
dc.subject | Kulponsi | en_US |
dc.subject | media komputer | en_US |
dc.subject | pembelajaran desain simbol | en_US |
dc.subject | menarik | en_US |
dc.subject | kreatif | en_US |
dc.title | Pembelajaran Model Kulponsi dengan Menggunakan Komputer untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Pemetaan Data Statistik pada Mata Kuliah Kartografi Tematik | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |