• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemilihan Pemasok Dengan Metode Analytic Network Process (ANP): Studi Kasus Di PT. AI

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (372.4Kb)
    Date
    2013-03-28
    Author
    Wibisono, Yogi Yusuf
    Gondo, Kristi D. A.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Outsourcing merupakan salah satu strategi yang diambil perusahaan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Salah satu fungsi yang banyak di-outsourcing-kan adalah teknologi informasi. Banyak perusahaan konsultan teknologi informasi untuk melayani kebutuhan perusahaan salah satunya adalah PT. AI. Salah satu faktor keberhasilan dalam jasa konsultan ini adalah memastikan perangkat keras yang dipasang di klien sesuai dengan tuntutan dari klien. Perangkat keras yang dibutuhkan tidak bisa diproduksi sendiri oleh PT. AI sehingga pemilihan pemasok perangkat keras yang tepat sangat penting dalam memuaskan klien. Pemilihan pemasok perangkat keras yang dilakukan oleh perusahaan dibantu dengan metode ANP karena proses keputusasn melibatkan kriteria majemuk yang saling berhubungan satu sama lain. Metode ANP membantu pengambilan keputusan untuk permasalahan yang kompleks dengan menyederhanakan permasalahan melalui model network yang menggambarkan hubungan antar kriteria. Kriteria utama yang dipertimbangkan oleh perusahaan adalah kualitas, harga, pelayanan, dan distribusi dimana ada hubungan antara kualitas dan harga serta pelayanan dengan distribusi. Berdasarkan hasil penilaian oleh pengambil keputusan terhadap kriteri-kriteria yang ada, kualitas mempunyai bobot yang paling tinggi disusul secara berurutan oleh harga, distribusi, dan pelayanan. Kriteria-kriteria tersebut dipertimbangkan oleh perusahaan dalam memilih tiga alternatif pemasok dan dihasilkan pemasok X mempunyai nilai total paling tinggi dibandingkan dengan dua pemasok lainnya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3579
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV