Pemilihan Pemasok Dengan Metode Analytic Network Process (ANP): Studi Kasus Di PT. AI
View/ Open
Date
2013-03-28Author
Wibisono, Yogi Yusuf
Gondo, Kristi D. A.
Metadata
Show full item recordAbstract
Outsourcing merupakan salah satu strategi yang diambil perusahaan untuk meningkatkan efisiensi
perusahaan. Salah satu fungsi yang banyak di-outsourcing-kan adalah teknologi informasi. Banyak
perusahaan konsultan teknologi informasi untuk melayani kebutuhan perusahaan salah satunya
adalah PT. AI. Salah satu faktor keberhasilan dalam jasa konsultan ini adalah memastikan
perangkat keras yang dipasang di klien sesuai dengan tuntutan dari klien. Perangkat keras yang
dibutuhkan tidak bisa diproduksi sendiri oleh PT. AI sehingga pemilihan pemasok perangkat keras
yang tepat sangat penting dalam memuaskan klien. Pemilihan pemasok perangkat keras yang
dilakukan oleh perusahaan dibantu dengan metode ANP karena proses keputusasn melibatkan
kriteria majemuk yang saling berhubungan satu sama lain. Metode ANP membantu pengambilan
keputusan untuk permasalahan yang kompleks dengan menyederhanakan permasalahan melalui
model network yang menggambarkan hubungan antar kriteria. Kriteria utama yang dipertimbangkan
oleh perusahaan adalah kualitas, harga, pelayanan, dan distribusi dimana ada hubungan antara
kualitas dan harga serta pelayanan dengan distribusi. Berdasarkan hasil penilaian oleh pengambil
keputusan terhadap kriteri-kriteria yang ada, kualitas mempunyai bobot yang paling tinggi disusul
secara berurutan oleh harga, distribusi, dan pelayanan. Kriteria-kriteria tersebut dipertimbangkan
oleh perusahaan dalam memilih tiga alternatif pemasok dan dihasilkan pemasok X mempunyai nilai
total paling tinggi dibandingkan dengan dua pemasok lainnya.