Show simple item record

dc.contributor.authorWibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.authorGondo, Kristi D. A.
dc.date.accessioned2013-10-11T22:27:57Z
dc.date.available2013-10-11T22:27:57Z
dc.date.issued2013-03-28
dc.identifier.citationBurt, D. N., Dobler, D. W., Starling, S. L. (2003). World Class Supply Management: The Key to Supply Chain Management, 7 th ed.. New York: McGraw-Hill. Gewald, H. (2010). “The perceived benefits of business process outsourcing: An empirical study of the German banking industry”. Strategic Outsourcing: An International Journal. Vol. 3, No. 2: 89-105 Kahraman, C., Cebeci, U., Ulukan, Z. (2003). “Multi-criteria supplier selection using fuzzy AHP”. Logistic Information Management. Vol. 16, No. 6: 382-394. Lacity, M. C., Willcocks, L. P., Rottman, J. W. (2008). “Global outsourcing of back office service: lessons, trends, and enduring challenges”. Strategic Outsourcing: An International Journal. Vol. 1, No. 1: 13-34. Ordoobadi, S. M., Wang, S. (2011). “A multiple perspective approach to supplier selection”. Industrial Management & Data Systems. Vol 111, No. 4: 629-648. Saaty, T. L. (1994). Fundamentals of Decision Making And Priority Theory With The Analytic Hierarchy Process Vol. VI. Pittsburgh: RWS Publications. Saaty, T. L. (1996). Decision Making With Dependence And Feedback: The Analytic Network Process. Pittsburgh: RWS Publications. Saaty, T. L. and Vargas, L. G. (2006). Decision Making With The Analytic Network Process: Economic, Political, Social and Technological Application with Benefits, Opportunities, Costs and Risks. New York: Springer. Sipahi, S., Timor, M. (2010). “The analytic hierarchy process and analytic network process: an overview of applications”. Management Decision. Vol. 48, No. 5: 775-808.en_US
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3579
dc.description.abstractOutsourcing merupakan salah satu strategi yang diambil perusahaan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Salah satu fungsi yang banyak di-outsourcing-kan adalah teknologi informasi. Banyak perusahaan konsultan teknologi informasi untuk melayani kebutuhan perusahaan salah satunya adalah PT. AI. Salah satu faktor keberhasilan dalam jasa konsultan ini adalah memastikan perangkat keras yang dipasang di klien sesuai dengan tuntutan dari klien. Perangkat keras yang dibutuhkan tidak bisa diproduksi sendiri oleh PT. AI sehingga pemilihan pemasok perangkat keras yang tepat sangat penting dalam memuaskan klien. Pemilihan pemasok perangkat keras yang dilakukan oleh perusahaan dibantu dengan metode ANP karena proses keputusasn melibatkan kriteria majemuk yang saling berhubungan satu sama lain. Metode ANP membantu pengambilan keputusan untuk permasalahan yang kompleks dengan menyederhanakan permasalahan melalui model network yang menggambarkan hubungan antar kriteria. Kriteria utama yang dipertimbangkan oleh perusahaan adalah kualitas, harga, pelayanan, dan distribusi dimana ada hubungan antara kualitas dan harga serta pelayanan dengan distribusi. Berdasarkan hasil penilaian oleh pengambil keputusan terhadap kriteri-kriteria yang ada, kualitas mempunyai bobot yang paling tinggi disusul secara berurutan oleh harga, distribusi, dan pelayanan. Kriteria-kriteria tersebut dipertimbangkan oleh perusahaan dalam memilih tiga alternatif pemasok dan dihasilkan pemasok X mempunyai nilai total paling tinggi dibandingkan dengan dua pemasok lainnya.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectpemasoken_US
dc.subjectpemilihan pemasoken_US
dc.subjectkriteria majemuken_US
dc.subjectANPen_US
dc.titlePemilihan Pemasok Dengan Metode Analytic Network Process (ANP): Studi Kasus Di PT. AIen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record