Show simple item record

dc.contributor.authorSuranto
dc.date.accessioned2013-10-17T11:26:47Z
dc.date.available2013-10-17T11:26:47Z
dc.date.issued2013-03-28
dc.identifier.citationDepdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta. Muhammad Nur. 2011. Pembelajaran paikem gembrot. Multi Kreasindo. Jakarta. Santoso, Singgih. 2001. Analisis Multivariat. PT. Alex Mediatindo. Jakarta. Sudjatmiko. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta. Suranto. 2009. Pendidikan Berbasis Life Skill. PT. Aneka Ilmu Semarang. Suranto. 2012. Active learning Peningkatan Kemampuan Daya Serap Pengetahuan Wirausaha Mahasiswa. Seminar nasional, Sabtu: 3 Nopember, SNAST. IST AKPRIND, Yogyakarta. Suranto. 2012. Dokumentasi Pembelajaran PAIKEM GEMBROT, tidak diterbitkan. Fakultas Sainstek UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.en_US
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3585
dc.description.abstractTujuan penelitian ini mengetahui pengaruh model PAIKEM GEMBROT terhadap daya serap kognitif, afektif dan psikomotorik wirausaha mahasiswa. Penelitian ini menghasilkan manfaat implementasi pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, gembira dan berbobot (PAIKEM GEMBROT) terhadap daya serap pengetahuan (kognitif, afektif dan psikomotorik) mahasiswa di program studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ujicoba lapangan melalui penerapan PAIKEM GEMBROT dalam inkubator kewirausahaan sebagai peningkatan pengetahuan wirausaha mahasiswa. Pengambilan subyek data dipilih secara simple random sampling sebanyak 20 mahasiswa untuk menguji validitas, reliabilitas angket, dan 30 mahasiswa penelitian analisis data. Pengumpulan data melalui angket, observasi, dan wawancara. Metode analisis menggunakan regresi untuk mengetahui pengaruh variabel PAIKEM GEMBROT terhadap variabel pengetahuan wirausaha mahasiswa. Model pembelajaran bersifat PAIKEM GEMBROT (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, gembira dan berbobot) didalamnya terdapat partisipatif interaktif, game dan mastery learning. Pelaksanaan pembelajaran bersifat learning is fun sebagai pendekatan pembelajaran peningkatan kemampuan afektif dan kognitif, sedangkan doing dan empowering sebagai strategi pemberdayaan peningkatan pengetahuan psikomotorik wirausaha mahasiswa. Doing dan empowering yang diterapkan, membangun pengetahuan wirausaha melalui jenis usaha menulis naskah dan memasarkan naskah buku ilmiah populer. Teknik analisis data menggunakan uji t, disimpulkan bahwa ada pengaruh secara signifikan implementasi PAIKEM GEMBROT terhadap pengetahuan wirausaha mahasiswa. Peningkatan pengetahuan wirausaha mahasiswa secara kognitif, afektif dan psikomotorik dapat ditempuh melalui inkubator kewirausahaan berbasis PAIKEM GEMBROT.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectmentalen_US
dc.subjectwirausahaen_US
dc.subjectinkubatoren_US
dc.subjectpaikem gembroten_US
dc.titleMembangun Pengetahuan Wirausaha Mahasiswa Melalui Paikem Gembroten_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record