dc.identifier.citation | Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta. Muhammad Nur. 2011. Pembelajaran paikem gembrot. Multi Kreasindo. Jakarta. Santoso, Singgih. 2001. Analisis Multivariat. PT. Alex Mediatindo. Jakarta. Sudjatmiko. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta. Suranto. 2009. Pendidikan Berbasis Life Skill. PT. Aneka Ilmu Semarang. Suranto. 2012. Active learning Peningkatan Kemampuan Daya Serap Pengetahuan Wirausaha Mahasiswa. Seminar nasional, Sabtu: 3 Nopember, SNAST. IST AKPRIND, Yogyakarta. Suranto. 2012. Dokumentasi Pembelajaran PAIKEM GEMBROT, tidak diterbitkan. Fakultas Sainstek UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh model PAIKEM GEMBROT terhadap daya
serap kognitif, afektif dan psikomotorik wirausaha mahasiswa. Penelitian ini
menghasilkan manfaat implementasi pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif,
menyenangkan, gembira dan berbobot (PAIKEM GEMBROT) terhadap daya serap
pengetahuan (kognitif, afektif dan psikomotorik) mahasiswa di program studi Teknik
Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Yogyakarta. Ujicoba lapangan melalui penerapan PAIKEM GEMBROT dalam inkubator
kewirausahaan sebagai peningkatan pengetahuan wirausaha mahasiswa. Pengambilan
subyek data dipilih secara simple random sampling sebanyak 20 mahasiswa untuk
menguji validitas, reliabilitas angket, dan 30 mahasiswa penelitian analisis data.
Pengumpulan data melalui angket, observasi, dan wawancara. Metode analisis
menggunakan regresi untuk mengetahui pengaruh variabel PAIKEM GEMBROT
terhadap variabel pengetahuan wirausaha mahasiswa. Model pembelajaran bersifat
PAIKEM GEMBROT (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan,
gembira dan berbobot) didalamnya terdapat partisipatif interaktif, game dan mastery
learning. Pelaksanaan pembelajaran bersifat learning is fun sebagai pendekatan
pembelajaran peningkatan kemampuan afektif dan kognitif, sedangkan doing dan
empowering sebagai strategi pemberdayaan peningkatan pengetahuan psikomotorik
wirausaha mahasiswa. Doing dan empowering yang diterapkan, membangun
pengetahuan wirausaha melalui jenis usaha menulis naskah dan memasarkan naskah
buku ilmiah populer. Teknik analisis data menggunakan uji t, disimpulkan bahwa ada
pengaruh secara signifikan implementasi PAIKEM GEMBROT terhadap pengetahuan
wirausaha mahasiswa. Peningkatan pengetahuan wirausaha mahasiswa secara kognitif,
afektif dan psikomotorik dapat ditempuh melalui inkubator kewirausahaan berbasis
PAIKEM GEMBROT. | en_US |