Show simple item record

dc.contributor.authorSunarjono, Sri
dc.contributor.authorRiyanto, Agus
dc.contributor.authorAbsori
dc.date.accessioned2013-11-08T07:45:03Z
dc.date.available2013-11-08T07:45:03Z
dc.date.issued2012-12-18
dc.identifier.citationAbsori, (2009),”Hukum Penyelesaian Sengketa Lingkungan Hidup, Sebuah Model Penyelesaian Sengketa Lingkungan Hidup Dengan Pendekatan Partisipatif”, Muhammadiyah University Press, Surakarta. Abdillah, M., (2001),” Agama Ramah Lingkungan”, Perspektif Al-Qur’an, Paramadina, Jakarta. Juniardi, F., Widodo, S., Zain, Z., (2010), “Studi Empiris Standarisasi Kinerja Perkerasan Jalan Lentur Menggunakan Hot Rolled Sheet (HRS) Hasil Recycling (daur Ulang) Sebagai Dukungan Upaya Strategis Nasional Untuk Peningkatan Kualitas Infrastruktur Transportasi”, Institusi Lembaga Penelitian, Universitas Tanjungpura Pontianak. Kasan, M., (2009),” Karakteristik Stabilitas dan Stabilitas Sisa Campuran Beton Aspal Daur Ulang” Majalah Ilmiah Mektek, Tahun XI, No 2 Mei 2009, Palu. Sunarjono, S., (2009),” Investigating Rutting Performance of Foamed Cold-Mix Asphalt Under Simulated Trafficking” Dinamika Teknik Sipil, Vol 9, No. 2, Juli 2009, Akreditasi B, ISSN: 1411-8904. Suroso, T., W., (2009),” Meningkatkan Mutu Aspal Di Perkerasan Jalan Yang Telah Lapuk Dengan Cara Dingin”, Puslitbang Jalan dan Jembatan, Bandung. Suroyo, H., (2004), “Pengaruh Daur Ulang Bahan Bongkaran Aspal Terhadap Sifat - Sifat Fisik Beton Aspal (Studi Kasus Di Jalan Gajahmada Tegal)”, Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang. Suwantoro, (2010), “Optimalisasi Penggunaan Material Hasil Cold Milling Untuk Daur Ulang Lapisan Perkerasan Jalan Beton Aspal Type AC/Asphalt Concrete”.en_US
dc.identifier.issn1412-9612
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3777
dc.description.abstractReclaimed asphalt pavement (RAP) adalah perkerasan jalan yang telah rusak akut yang kemudian digali dan dihancurkan menjadi semacam agregat. Pada awalnya, bahan RAP ini merupakan limbah yang tidak dimanfaatkan dan menumpuk di suatu tempat yang mengganggu lingkungan sekitarnya. Bahan RAP ini kemudian mulai dimanfaatkan karena dorongan isu lingkungan untuk mengurangi eksploitasi sumber daya alam, hemat energi, dan mereduksi gas emisi CO2. Pada periode awal, bahan RAP ini hanya digunakan sebagai bahan urugan yang tidak memerlukan persyaratan mutu tinggi. Namun belakangan, bahan RAP ini digunakan untuk bahan lapis pondasi, bahan lapis antara, bahkan untuk bahan lapis aus, yang kesemuanya memerlukan persyaratan mutu tinggi.Sehingga pemanfaatan bahan RAP memerlukan sebuah rekayasa agar kinerja campuran RAP mampu memenuhi persyaratan mutu campuran yang ditargetkan. Artikel ini melaporkan hasil penelitian yang bertujuan melakukan rekayasa pemanfaatan bahan RAP untuk preservasi jalan.Rekayasa bahan RAP dilakukan melalui pengujian laboratorium dan review hasil-hasil penelitian. Rekayasa laboratorium dilakukan dengan mengambil sampel bahan RAP dari lapangan. Kemudian propertis campuran bahan RAP diselidiki baik tanpa ataupun dengan bahan tambah, serta baik dengan pencampuran dingin, hangat, ataupun panas. Bahan tambah yang digunakan adalah kapur, semen, foamed bitumen, dan kombinasinya. Pencampuran dingin, hangat, dan panas dilakukan pada suhu kamar, di bawah titik didih, dan suhu sekitar 150oC. Hasil investigasi dapat dirumuskan berikut ini. Campuran bahan RAP tanpa bahan tambah dengan sistem pencampuran dingin dan hangat menghasilkan kinerja yang rendah sehingga direkomendasikan hanya untuk bahan urugan pilihan/ lapis pondasi tanpa lapis penutup aspal kelas C bahan bahu jalan tanpa pengikat. Sedangkan campuran bahan RAP dengan sistem pencampuran panas walau tanpa bahan tambah menghasilkan peningkatan kinerja sehingga dapat digunakan untuk lapis pondasi atas. Sedangkan campuran bahan RAP dengan bahan tambah dengan ketiga sistem pencampuran tersebut memberikan kinerja yang sangat baik, sehingga dapat digunakan untuk lapis antara atau bahkan untuk lapis aus.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectReclaimed asphalt pavementen_US
dc.subjectpreservasi jalanen_US
dc.subjectkapuren_US
dc.subjectsemenen_US
dc.subjectfoamed bitumenen_US
dc.titleRekayasa Pemanfaatan Reclaimed Asphalt Pavement Untuk Preservasi Konstruksi Jalanen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record