Analisis Pengaruh Komponen Pembentuk Ekuitas Merek Terhadap Minat Belanja
Abstract
Di era globalisasi saat ini, kekuatan persaingan adalah persaingan antar merek. Untuk itu
ekuitas merek suatu perusahaan harus semakin kuat. Dengan semakin kuatnya ekuitas
merek suatu produk, maka semakin kuat pula daya tarik produk tersebut dimata konsumen
sehingga konsumen mau mengonsumsi produk tersebut yang selanjutnya membawa
konsumen untuk melakukan pernbelian secara berulang-ulang. Masalah dalam penelitian
ini adalah bagaimana pengaruh ekuitas merek yang terdiri dari brand awareness, perceivd
quality, brand association dan brand loyalty terhadap purchase intention rumah makan
Yogya Chicken di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh ekuitas
merek terhadap purchase intention (minat beli) konsumen rumah makan Yogya Chicken di
Yogyakarta, serta untuk mencari elemen ekuitas merek mana yang paling dominan
mempengaruhi kepuasan konsumen rumah makan Yogya Chicken. Data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari kuesioner yang dibagikan
kepada konsumen rumah makan Yogya Chicken. Populasinya adalah seluruh konsumen
rumah makan Yogya Chicken yang telah lebih dari dua kali mengkonsumsi produk rumah
makan Yogya Chicken.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling dimana sampelnya adalah setiap pelanggan yang telah melakukan pembelian
berulang di Yogya Chicken. Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang responden. Metode
analisis data dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan variabel diukur dengan skala
Likert. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS 17 dengan analisa deskriptif
dan pengujian hipotesis dengan analisa regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa secara serempak brand awareness, perceived quality, brand association dan brand
loyalty berpengaruh signifikan terhadap purchase intention konsumen rumah makan Yogya
Chicken, selanjutnya secara parsial brand awareness, perceived quality, brand association
maupun brand loyalty masing-masing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap
purchase intention konsumen rumah makan Yogya Chicken. Brand Association mempunyai
pengaruh yang paling dominan terhadap purchase intention konsumen rumah makan Yogya
Chicken di Yogyakarta. Pada koefisien deterrninasi (R2) menunjukkan bahwa variabel-
variabel bebas yang diteliti rnampu menjelaskan 42,4% terhadap minat beli konsumen,
sementara sisanya sebesar 57,6% dijelaskan oleh variabel-variabel bebas lainnya diluar
penelitian ini.