• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB)
    • Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB)
    • Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pengaruh Komponen Pembentuk Ekuitas Merek Terhadap Minat Belanja

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (262.8Kb)
    Date
    2013-03-23
    Author
    Kurnianto , Eko Nurdin
    Astuti, Budi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Di era globalisasi saat ini, kekuatan persaingan adalah persaingan antar merek. Untuk itu ekuitas merek suatu perusahaan harus semakin kuat. Dengan semakin kuatnya ekuitas merek suatu produk, maka semakin kuat pula daya tarik produk tersebut dimata konsumen sehingga konsumen mau mengonsumsi produk tersebut yang selanjutnya membawa konsumen untuk melakukan pernbelian secara berulang-ulang. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh ekuitas merek yang terdiri dari brand awareness, perceivd quality, brand association dan brand loyalty terhadap purchase intention rumah makan Yogya Chicken di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh ekuitas merek terhadap purchase intention (minat beli) konsumen rumah makan Yogya Chicken di Yogyakarta, serta untuk mencari elemen ekuitas merek mana yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen rumah makan Yogya Chicken. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari kuesioner yang dibagikan kepada konsumen rumah makan Yogya Chicken. Populasinya adalah seluruh konsumen rumah makan Yogya Chicken yang telah lebih dari dua kali mengkonsumsi produk rumah makan Yogya Chicken.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dimana sampelnya adalah setiap pelanggan yang telah melakukan pembelian berulang di Yogya Chicken. Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang responden. Metode analisis data dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan variabel diukur dengan skala Likert. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS 17 dengan analisa deskriptif dan pengujian hipotesis dengan analisa regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak brand awareness, perceived quality, brand association dan brand loyalty berpengaruh signifikan terhadap purchase intention konsumen rumah makan Yogya Chicken, selanjutnya secara parsial brand awareness, perceived quality, brand association maupun brand loyalty masing-masing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention konsumen rumah makan Yogya Chicken. Brand Association mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap purchase intention konsumen rumah makan Yogya Chicken di Yogyakarta. Pada koefisien deterrninasi (R2) menunjukkan bahwa variabel- variabel bebas yang diteliti rnampu menjelaskan 42,4% terhadap minat beli konsumen, sementara sisanya sebesar 57,6% dijelaskan oleh variabel-variabel bebas lainnya diluar penelitian ini.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3800
    Collections
    • Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV