• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB)
    • Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB)
    • Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Csr (Survey Padaindustri Perbankan di Indonesia)

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (292.2Kb)
    Date
    2013-03-23
    Author
    Setiawati, Erma
    Zulfikar
    Artha, Riza
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Corporate Social Responsibility (CSR) adalah basis teori tentang perlunya sebuah perusahaan membangun hubungan harmonis dengan masyarakat dan lingkungan tempat beroperasi. Dimana CSR dapat didefinisikan sebagai tanggungjawab moral suatu perusahaan terhadap stakeholders terutama komunitas atau masyarakat disekitar wilayah kerja dan operasinya. Beberapa penelitian telah menjelaskan karakteristik perusahaan yang mempengaruhi pengungkapan tanggungjawab social (CSR) antara lain Sembiring (2005), Hanifah and Cooke (2005), Jones (2006), Suharto (2008), Dahlia dan Siregar (2008), Nurlela (2008). Karakteristik perusahaan yang diteliti antara lain size, profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan manajerial. Penelitian ini bertujuan utama mengidentifikasi karakteristik perusahaan yang mempengaruhi jumlah pengungkapan tanggungjawab social pada perusahaan perbankan konvensional di Indonesia. Indeks yang digunakan untuk mengukur CSR adalah Global Reporting Initiative (GRI) yang terdiri dari 121 item pengungkapan dalam 10 indikator yaitu (1) Strategi dan Analisa, (2) Indikator Profil Organisasi, (3) Indikator Parameter Laporan, (4) Indikator Pemerintahan, Komitmen dan Keterlibatan, (5) Indikator Pendekatan Manajemen dan Indikator Kinerja Ekonomi, (6) Indikator Lingkungan,(7) Indikator Praktek Tenaga Kerja dan Pekerjaan Yang Layak, (8) Indikator Hak Asasi Manusia, (9) Indikator Masyarakat, (10) Indikator Tanggungjawab Produk. Adapun sampel dalam penelitian ini menggunakan 7 bank konvensional yang terdapat pada bank Indonesia yaitu Bank CIMB Niaga, Bank Rakyat Indonesia, Bank Danamon, Bank Mandiri, Bank Central Asia, Bank Panin dan Bank Negara Indonesia 46. Analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini Size dan Kepemilikan Manajerial yang berpengaruh terhadap CSR sedangkan Profitabilitas, leverage dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap CSR.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3827
    Collections
    • Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV