Show simple item record

dc.contributor.authorSetiawati, Erma
dc.contributor.authorZulfikar
dc.contributor.authorArtha, Riza
dc.date.accessioned2013-11-13T21:39:07Z
dc.date.available2013-11-13T21:39:07Z
dc.date.issued2013-03-23
dc.identifier.citationAnggraini, FR, Reni Retno, 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan I nformasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan: (Study Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar diBEJ), Proceedings SNA IX, hal 1-21. Bourin, G and Savarina R, 2004. Determinants of the corporate decision to disclose social information, Accounting, Auditing and Accountability Journal, 2(1), 36-51. Fama , E.F.,and Jenen, M.C, 1983. Separation of Ownweship and Control, Journal of Law and Economics 26, 301-324. Febriana, 2011. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Pengungkapan Tang- gung Jawab Sosial Dan Lingkungan Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI. Artikel Simposium Nasional XIV. Banda Aceh. Gosali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multi-variate dengan Program SPSS, Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Hackson, D and Milne, M.J.2006. Some determinant of social and environmental disclosure in New Zealand companies. Accounting, Auditing and Accountability Journal, 9(1) 77-108. Hilman, Keinnn. 2001. Corporate Social Disclosure by banks and finance companies: Malaysian Evidence, Corporate, Ownership and Control 1 (4), 118130. Ikatan Akuntan Indonesia, (2007), Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan N0. 101-106. Jakarta: Salemba Empat. Lanros P, 2001. Equator principles or how I learned to stop worrying and sustainability, Impact assessment and Project Appraisal, 27 (1). Mathews, M.R.,1995. Social and Environmental Accounting. “A practical Demonstration of Ethical Concern”, Journal of Business Ethics, vol.14.pp 663-671. Mc.William and Stegel, 2010. Corporate Social Responsibility, “A Theory of Firm Perspective”, Academy of Management Review, vol 26 no.1, pp 117-127. Payne, Adrian. 2002. The Essenc of Services Marketing, Prentice Hall, Singapore. Rawi, Munawar Muchlish, 2010. Kepemilikan Managemen, Kepemilikan Institusi, Leverage, dan Corporate Social Responsibility, Artikel Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto. Rosmita, 2007. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Sosial (Social Disclosure dalam Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan Manufakture di Bursa Efek Jakarta”, Makalah disampaikan pada Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar. Sembiring, E. Rismanda, 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Social (Studi Empiris pada Perusahaan yang tercatat di BEJ). Proceedings SNA VIII, hal 379-395. Sulastini, Sri, 2007. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Social Disclosure Perusahaan Manufaktur yang telah Go Public. Artikel Internet www.google.com diakses tgl 4 Agustus 2011. Yulita, Lidia, 2010. The effect Characteristics of Company Toward Corporate Social Responsibility Disclosures in Minning Company Listed at Indonesia Stock Exchange, Artikel Internet, www. gunadarma, ac.id.en_US
dc.identifier.isbn978‐979‐636‐147‐2
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3827
dc.description.abstractCorporate Social Responsibility (CSR) adalah basis teori tentang perlunya sebuah perusahaan membangun hubungan harmonis dengan masyarakat dan lingkungan tempat beroperasi. Dimana CSR dapat didefinisikan sebagai tanggungjawab moral suatu perusahaan terhadap stakeholders terutama komunitas atau masyarakat disekitar wilayah kerja dan operasinya. Beberapa penelitian telah menjelaskan karakteristik perusahaan yang mempengaruhi pengungkapan tanggungjawab social (CSR) antara lain Sembiring (2005), Hanifah and Cooke (2005), Jones (2006), Suharto (2008), Dahlia dan Siregar (2008), Nurlela (2008). Karakteristik perusahaan yang diteliti antara lain size, profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan manajerial. Penelitian ini bertujuan utama mengidentifikasi karakteristik perusahaan yang mempengaruhi jumlah pengungkapan tanggungjawab social pada perusahaan perbankan konvensional di Indonesia. Indeks yang digunakan untuk mengukur CSR adalah Global Reporting Initiative (GRI) yang terdiri dari 121 item pengungkapan dalam 10 indikator yaitu (1) Strategi dan Analisa, (2) Indikator Profil Organisasi, (3) Indikator Parameter Laporan, (4) Indikator Pemerintahan, Komitmen dan Keterlibatan, (5) Indikator Pendekatan Manajemen dan Indikator Kinerja Ekonomi, (6) Indikator Lingkungan,(7) Indikator Praktek Tenaga Kerja dan Pekerjaan Yang Layak, (8) Indikator Hak Asasi Manusia, (9) Indikator Masyarakat, (10) Indikator Tanggungjawab Produk. Adapun sampel dalam penelitian ini menggunakan 7 bank konvensional yang terdapat pada bank Indonesia yaitu Bank CIMB Niaga, Bank Rakyat Indonesia, Bank Danamon, Bank Mandiri, Bank Central Asia, Bank Panin dan Bank Negara Indonesia 46. Analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini Size dan Kepemilikan Manajerial yang berpengaruh terhadap CSR sedangkan Profitabilitas, leverage dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap CSR.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectKarakteristik Perusahanen_US
dc.subjectbank konvensionalen_US
dc.subjectCSRen_US
dc.subjectGRI Indeksen_US
dc.titlePengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Csr (Survey Padaindustri Perbankan di Indonesia)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record