Pengembangan Dimensi Kualitas Jasa dan Hubungannya dengan Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam Jasa Penjualan Online Tiket Penerbangan
View/ Open
Date
2012-12-18Author
Fransiscus, Hanky
Sukapto, Paulus
Sitompul, Carles
Metadata
Show full item recordAbstract
Sebuah hipotesis menyatakan bahwa loyalitas konsumen terhadap sebuah layanan dipengaruhi oleh
kepuasan konsumen. Kepuasan itu sendiri dapat timbul jika konsumen menerima kualitas layanan
yang baik. Pengguna jasa yang semakin banyak dan bervariasi memiliki kepentingan yang berbeda-
beda dalam menilai kualitas layanan. Sehingga muncul pemikiran untuk membuat model
pengukuran kualitas layanan yang disesuaikan dengan setiap segmen pengguna layanan. Oleh karena
itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelompok pengguna layanan penjualan online
tiket penerbangan, membuat model pengukuran kualitas layanan penjualan online tiket penerbangan
dan mengidentifikasi hubungan kualitas layanan, kepuasan, dan loyalitas konsumen. Analisis cluster
menunjukkan bahwa terdapat 2 kelompok dalam pengguna layanan penjualan online tiket
penerbangan, yaitu orang yang tidak terlalu mementingkan kenyamanan transaksi dan orang yang
mementingkan kenyamanan transaksi. Analisis faktor digunakan sebagai metode statistika untuk
mengidentifikasi struktur model pengukuran dan structural equation model digunakan untuk menguji
hubungan model struktural. Model pengukuran kualitas layanan pada kelompok pertama terdiri dari
5 dimensi, yaitu lingkungan fisik, interaksi, waktu menunggu, faktor sosial, dan proses. Model
pengukuran kualitas layanan pada segmen kedua terdiri dari 3 dimensi, yaitu interaksi, kemudahan,
dan lingkungan fisik. Uji hipotesis menunjukkan bahwa kualitas layanan mempengaruhi kepuasan
konsumen dan kepuasan mempengaruhi loyalitas konsumen. Hal ini terjadi di kedua segmen.