• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Family Well Being dan Aplikasi dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak (Kajian Berdasarkan The Tower Hamlets Family Wellbeing Model)

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (363.9Kb)
    Date
    2013-06-01
    Author
    Na’imah, Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penulisan artikel ini adalah mengkaji aplikasi The Tower Hamlets Family Well-being Model yang dikembangkan oleh Susan Acland dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia dini. Model ini memiliki keunggulan karena model ini memberikan panduan menuju kesejahteraan keluarga dengan melibatkan anak, orang tua dan pihak lain yang dianggap berkait langsung dengan tumbuh kembang anak. Menurut model ini untuk mencapai tumbuh kembang anak yang optimal maka semua kebutuhan keluarga harus terpenuhi, yaitu kebutuhan umum, kebutuhan tambahan dan kebutuhan khusus. Model ini juga menetapkan dengan jelas struktur, arah konsultasi, arah koordinasi dan kerjasama antara keluarga dengan lembaga terkait untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Model ini menjelaskan pendekatan untuk menuju kesejahteraan keluarga dengan tiga tahap, 1) Tahap pertama: Pemenuhan kebutuhan umum, semua anak dan orang tua berhak terpenuhi kebutuhan umum ini, misalnya kebutuhan kesehatan, perumahan, pendidikan. 2) Tahap kedua : pemenuhan kebutuhan tambahan untuk pemenuhan kebutuhan umum, misalnya tambahan fasilitas, tambahan kesempatan, dukungan sosial dan emosi. 3) Tahap ketiga : pemenuhan kebutuhan khusus, yaitu kebutuhan khusus sesuai dengan masalah anak dan keluarga, misalnya perlindungan hukum, pelayanan kesehatan, pendidikan khusus. Aplikasi The Tower Hamlets Family Well-being Model dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak, yaitu : Tahap pertama : memenuhi kebutuhan fisiologis berupa pemberian makanan sehat, sandang, kesehatan. Memberi pendidikan formal, non formal dan informal, memberi perlindungan fisik dan psikis. Tahap kedua : memberi dukungan fasilitas, dukungan sosial, dan dukungna emosi pada proses tumbuh kembang anak. Tahap ketiga : pendampingan untuk anak dan anggota keluarga, misalnya pemberian pendidikan khusus untuk anak berkebutuhan khusus.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3988
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV