• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Keluarga : Tempat Proses Belajar Perilaku Prososial

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (338.8Kb)
    Date
    2013-06-01
    Author
    Lestari, Rini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bangsa Indonesia adalah bangsa yang berbudaya dan memiliki nilai-nilai luhur, seperti perilaku prososial, tepo sliro, gotong royong. Kenyataan sekarang ini menunjukkan semakin lunturnya perilaku prososial dari kehidupan masyarakat, seperti tolong menolong, solidaritas sosial, kesejahteraan, kepedulian terhadap orang lain, namun di sisi lain kecenderungan sikap individualistik makin berkembang pesat. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya agar nilai-nilai luhur tidak semakin punah. Perilaku prososial merupakan hasil interaksi yang kompleks dari faktor-faktor yang mempengaruhinya, baik secara internal (kepribadian, empati, emosi, pengalaman, religiusitas) dan eksternal (keluarga, guru, teman, budaya, situasi, pengasuhan, kondisi sosial ekonomi, media). Perilaku prososial dapat dikembangkan melalui proses belajar. Penelitian ini mencoba mengeksplorasi bagaimana dan dari siapa seorang anak belajar tentang perilaku prososial. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif yang melibatkan 75 siswa SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anak belajar perilaku prososial dari orangtuanya, kemudian guru, orang dewasa yang lain seperti pemuka agama, kerabat dan teman. Mereka menyampaikan bagaimana berperilaku prososial dengan diberikan contoh langsung ataupun tidak langsung, penjelasan melalui kata-kata dan nasehat. Berdasarkan hasil tersebut ternyata keluarga sebagai pihak pertama tempat anak mengenal dan belajar perilaku prososial dan ibu memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan perilaku prososial pada anak-anaknya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3992
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV