• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-12 RAPI 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-12 RAPI 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Optimasi Metoda Pengemudian untuk Meminimalkan komsumsi Bbm dengan Gabungan Pemodelan Karakteristik Kendaraan Dengan Karakteristik Lintasan

    Thumbnail
    View/Open
    M05_TM9_2_Witantyo_ITS.pdf (627.0Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Witantyo
    Sudiyono
    Sutikno
    Aulia, Diva
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Abstrak Kelangkaan energi merupakan permasalahan dunia. Tim Sapuangin ITS menawarkan solusi alternatif dengan merancang dan membuat kendaraan yang lebih hemat energi. Walaupun pada kelas Urban Concept mobil-mobil Sapuangin selalu menjadi juara SEM Asia dalam tiga tahun terakhir namun rekor yang dicapai masih dibawah juara SEM Eropa yang mencapai 350 km/liter BBM. Untuk memperbaiki capaian ini maka perlu dilakukan optimasi mode pengendaraan yang dibuat berdasar pada karakter sirkit yang dipakai lomba. Seperti telah diketahui, setiap sirkit memiliki tikungan, tanjakan maupun turunan yang spesifik sehingga jika hanya mengandalkan feeling saja seorang driver akan sulit memutuskan kapan mobil harus diakselerasi, berapa kecepatan optimum disetiap segmen dan sebagainya. Optimasi pengendaraan ini melibatkan pemodelan mobil dan pemodelan sirkuit dengan perhitungan rumit yang melibatkan puluhan parameter dan variabel. Perhitungan yang efektif harus dibuat secara dinamis dan dilakukan mengikuti kurva lintasan yang dilewati oleh mobil. Penelitian ini bertujuan mengembangkan parameter disain mobil sapu angin dan parameter operasi mobil sapu angin untuk meningkatkan efisiensi operasi mobil sapu angin. Pengembangan dimulai dengan membuat model sirkuit sepang yang dipakai lomba SEM Asia. Sirkuit akan dimodelkan dalam beberapa segmen dan pada setiap segmen model harus mewakili semua karekteristiknya seperti radius tikungan,dan sudut tanjakan/turunan untuk garis lintasan lomba (race line) yang optimum. Model ini kemudian akan digabungkan dengan model mobil yang diwakili oleh karakteristik engine yaitu specific fuel consumption, torsi dan rpm dari engine; serta karakteristik kendaraan seperti perbandingan transmisi, berat mobil, drag force, rolling resistance roda. Gabungan kedua model akan dijalankan untuk mendapatkan metoda pengendaraan yang paling optimal agar mobil dapat berjalan melintasi seluruh sirkuit dengan konsumsi BBM minimum tetapi dengan waktu tempuh yang tidak melebihi persyaratan lomba.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4066
    Collections
    • Simposium Nasional Ke-12 RAPI 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV