Integrasi Metode Servqual, Qfd, dan Topsis untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan
View/ Open
Date
2013-11-23Author
Sari, Dwi Septa Nirwana
Singgih, Moses Laksono
Karningsih, Putu Dana
Metadata
Show full item recordAbstract
Universitas XYZ merupakan salah satu universitas swasta di Jawa Timur yang tumbuh dengan
pesat. Tetapi dalam hal layanan akademik, ini belum sesuai dengan apa yang diharapkan
mahasiswa dan apa yang dirasakan oleh pihak manajemen. Hal ini dikhawatirkan bisa
menimbulkan image buruk dan berpengaruh pada jumlah calon mahasiswa yang mendaftar.
Sehingga, perlu adanya perbaikan layanan akademik dari semua komponen stakeholder yang
terkait. Ada beberapa kriteria yang saling conflicting yang mempengaruhi pengambil
keputusan dalam memprioritaskan perbaikan itu. Oleh karena itu, perlu adanya metode atau
pendekatan yang sesuai agar diperoleh perbaikan yang satisfied bagi pengambil keputusan.
Penelitian ini mengintegrasikan metode Servqual, QFD, dan TOPSIS. Tujuan penelitian ini
adalah mengidentifikasi atribut layanan akademik berdasarkan dimensi Servqual, menentukan
nilai gap, menetapkan atribut yang perlu mendapatkan perbaikan, dan merangking perbaikan
layanan akademik. Hasil integrasi ketiga metode ini diharapkan bisa memberikan rekomendasi
perbaikan yang satisfied bagi pengambil keputusan guna peningkatan kualitas pelayanan.
Rangking pertama perbaikan berupa pengadaan laboratorium, dan terakhir adalah bursa
kerja.