Model Pembinaan Pendidik Profesional (Suatu Penelitian dengan Pendekatan Lesson Study pada Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo)
Date
2013-11Author
Subadi, Tjipto
Sutarni, Sri
Khotiman, Rita Pramujiyanti
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian mengkaji dan mendeskripsikan a) Validasi model pembinaan
profesinal pendidik dalam sekala lebih luas; b) Model pembinaan pendidik profesional
melalui pendekatan lesson study modifikasi; c) Sistem pendampingan implementasi
lesson study sebagai model pembinaan untuk meningkatkan profesionalitas guru-guru
Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif fenomenologis, paradigmanya definisi sosial yang bergerak pada kajian mikro,
subjek penelitiannya siswa, guru, Kepala Sekolah, Kepala Dinas Pendidikan, anggota
DPRD. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara,
sedangkan teknik analisis datanya menggunakan fist order understanding dan second
order understanding. Kesimpulan penelitian; 1) Validasi lesson study sebagai model
penbinaan pendidik profesional ada dua yaitu (a) validasi lesson study kelas tertutup (b)
validasi lesson study kelas terbuka; 2) Model pembinaan pendidik profesional
menggunakan “pendekatan lesson study modifikas” dengan “empat tahap tiga siklus”
yaitu; tahap kajian akademik-plan-do-see; siklus satu-dua-tiga; 3) Sistem pendampingan
implementasi lesson study sebagai model pembinaan pendidik untuk meningkatkan
profesionalitas guru-guru Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo menggunakan
empat pendekatan, yaitu: pendekatan siklus kolaborasi, seintifik, paikem, dan
kompetensi