Show simple item record

dc.contributor.authorSubadi, Tjipto
dc.contributor.authorSutarni, Sri
dc.contributor.authorKhotiman, Rita Pramujiyanti
dc.date.accessioned2014-01-03T04:35:31Z
dc.date.available2014-01-03T04:35:31Z
dc.date.issued2013-11
dc.identifier.citationBerger, P. and T. Luckman. 1967. The Social Construction of Reality. London: Allen Lane. ---------------. 1990. Tafsir Sosial atas Kenyataan. Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta: LP3ES. Chakhshi, Sonal, Clea Fernandes. 2004. Cellenger to Importing Japanes Lesson Study. Bloomington Concerns, Miscoseptions, and Nuancen. www.proquets.umi.com. ----------------- . 2005. Reaping the Systemic Benefits of Lesson Study Bloomington: Insights from the U.S. Vol 86. www.proquets.umi.com. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesi Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas RI. ----------------- . 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas RI. Harta Idris dan Djumadi. 2009. Pendalaman Materi Metode Pembelajaran. Modul PLPG. Departeman Pendidikan Nasional. Universitas Muhammadiyah Surakarta Panitia Sertifikasi Guru Rayon 41. Surakarta: BP FKIP-UMS. Inagaki, T. and Sato, M. (1996). Jugyo Kenkyu Nyumon (Introduction to Lesson Study. Tokyo: Iwanami. Marsigit. 2007. Mathematics Teachers’ Professional Development Through Lesson Study in Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3 (2), 141-144. Miles, B. M., Michael, H., 1992, Qualitative Data Analisys, dalam H.B. Sutopo (1984), Taman Budaya Surakarta dan Aktivitas Seni di Surakarta, Laporan Penelitian, FISIPOL UNS. xcviii Mulyasa, 2004, Menjadi Kepala sekolah Profesional. Bandung: Remaja rosda Karya. Robinson N. 2006. Lesson Study: An example of its adaptation to Israeli middle school teachers. (Online): stwww.weizmann.ac.il/G-math/ICMI/ Robinson proposal.doc Subadi. T (2009). Pengembangan Model Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study Bagi Guru SD Se-Karesidenan Surakarta (Laporan Penelitian di Publikasikan di Perpustakaan Pusat UMS). ------------, 2009. Sosiologi dan Sosiologi Pendidikan (Suatu Kajian Boro dari Perspektif Sosiologis Fenomenologis.Katasura: Fairuz media Duta Pemata Ilmu. -------------. 2009. Pengembangan Model Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study di Sekolah Dasar Kota Surakarta. Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. Tahun 18. Nomor 2 November 2009. ISSN 0854-8285. Malang: UN Malang. Stephen L. Thompson, 2007, Science Activities, Washington: Winter 2007. Vol. 43. Iss. 4, pg.27, 7 pgs. Stewart, R, Brederfur, J. 2005. Fusing Lesson Study and Aithetic Achievent. Bloomington: A. Model for Teacher Collabooration. www.proquest.umi.com Tim Pengembang Sertifikasi Kependidikan. 2003. Pedoman Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kependidikan (draft). Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Ditjen Dikti Depdiknas. William Cerbin and Bryan Kopp. 2006. Lesson Study as a Model for Building Pedogogical Knowledge and Improving Teaching. In International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. 18 (3), 150-257. ISSN 1812-9129.en_US
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4141
dc.description.abstractTujuan penelitian mengkaji dan mendeskripsikan a) Validasi model pembinaan profesinal pendidik dalam sekala lebih luas; b) Model pembinaan pendidik profesional melalui pendekatan lesson study modifikasi; c) Sistem pendampingan implementasi lesson study sebagai model pembinaan untuk meningkatkan profesionalitas guru-guru Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, paradigmanya definisi sosial yang bergerak pada kajian mikro, subjek penelitiannya siswa, guru, Kepala Sekolah, Kepala Dinas Pendidikan, anggota DPRD. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan fist order understanding dan second order understanding. Kesimpulan penelitian; 1) Validasi lesson study sebagai model penbinaan pendidik profesional ada dua yaitu (a) validasi lesson study kelas tertutup (b) validasi lesson study kelas terbuka; 2) Model pembinaan pendidik profesional menggunakan “pendekatan lesson study modifikas” dengan “empat tahap tiga siklus” yaitu; tahap kajian akademik-plan-do-see; siklus satu-dua-tiga; 3) Sistem pendampingan implementasi lesson study sebagai model pembinaan pendidik untuk meningkatkan profesionalitas guru-guru Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo menggunakan empat pendekatan, yaitu: pendekatan siklus kolaborasi, seintifik, paikem, dan kompetensien_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectpeningkatanen_US
dc.subjectpendidiken_US
dc.subjectprofesiaonalen_US
dc.subjectlesson studyen_US
dc.subjectvalidasien_US
dc.subjectmodelen_US
dc.titleModel Pembinaan Pendidik Profesional (Suatu Penelitian dengan Pendekatan Lesson Study pada Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record