• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Seminar Nasional Geografi UMS 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Seminar Nasional Geografi UMS 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kontribusi SIG dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Geografi di Sekolah Menengah5

    Thumbnail
    View/Open
    43.pdf (4.023Mb)
    Date
    2013
    Author
    Setiawan, Iwan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran geografi adalah masih minimnya pemanfaatan media dalam kegiatan pembelajarannya. Para guru geografi lebih banyak menggunakan media yang secara tradisional biasa digunakan yaitu peta dan globe. Bahkan, sebagian diantaranya hanya mengandalkan metode ceramah, sehingga verbalisme tidak dapat dihindari. Tidak heran jika minat atau motivasi siswa dalam mempelajari geografi sangat terbatas. Di era multimedia saat ini, pembelajaran geografi sebenarnya berpotensi sangat menarik karena materi yang disajikan mengungkap berbagai fenomena atau peristiwa alam maupun sosial budaya di wilayah tempat siswa berada dan di wilayah-wilayah lainnya., Sistem Informasi Geografis mampu menyajikan fenmena atau peristiwa tersebut dalam format multimedia, sehingga diharapkan dapat menarik minat peserta didik untukbelajar geografi sekaligus meningkatkan efektivitas pembelajarannya. Sejumlah riset telah menunjukkan adanya signifikansi atau efektvitas pemanfaataan SIG dalam pembelajaran geografi. Ini menunjukkan bahwa SIG selain sebagai tools yang sangat handal dalam memecahkan berbagai persoalan yang terkait dengan permukaan bumi tetapi juga dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran geografi. Tulisan ini menguraikan lebih jauh bagaimanakah SI G berkontribusi dalam pembelajaran geografi serta model-model pembelajaran yang dapat dikembangkan agar SIG dapat berperan lebih efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran geografi. Secara umum model yang dikembangkan menggunakan SIG sebagai alat bantu media pembelajaran utuk menayangkan informasi yang terkait dengan materi yang disajikan (Teaching with GIS) dan sebagai media untuk melakukan aktivitas belajar dengan cara memecahkan masalah yang terkait dengan ruang atau permukaan bumi (Learning with GIS).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4241
    Collections
    • Seminar Nasional Geografi UMS 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV