Peran Peta Rawan Banjir dalam Peningkatan Kecerdasan Spasial Siswa
Abstract
Indonesia merupakan Negara yang rawan bencana. Jumlah penduduk Indonesia banyak dan beragam serta kekayaan alam yang melimpah.
Seharusnya Sumber Daya Manusia yang dimiliki Indonesia berbanding lurus dengan jumlah penduduknya dan menjaga Sumber Daya
Alamnya. Namun ternyata yang terjadi sebaliknya. Indonesia miskin Sumber Daya Manusia dan Indonesia sering tertimpa musibah karena
kelalaian manusianya. Remaja Indonesia yang seharusnya menjadi generasi penerus bangsa malah kurang peduli dan tidak peka terhadap
alam Indonesia yang labil. Sebenarnya setiap orang memiliki 9 macam kecerdasan, salah satunya adalah Kecerdasan Spasial. Kecerdasan
spasial merupakan kemampuan untuk mengenali pola ruang secara akurat, menginterpretasikan ide grafis dan spasial serta menerj emahkan
pola ruang secara tepat. Beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan spasial adalah photographer, decorator ruang,
perancang busana, arsitek, pembuat film. Penulis menelaah tentang hubungan antara peta rawan banjir dengan kecerdasan spasial siswa
untuk mengetahui cara meningkatkan kecerdasan spasial siswa dan memahami hubungan antara peta rawan bencana dengan tingkat
kecerdasan spasial siswa. Untuk meningkatkan kecerdasan spasial bisa dilakukan dengan membaca peta. Dengan membaca peta rawan
banjir, kecerdasan spasial siswa bisa ditingkatkan. Hendaknya remaja Indonesia lebih peduli dengan alam Indonesia. Remaja Indonesia bisa
menjadi contoh yang baik untuk melestarikan lingkungan Indonesia, Dimulai dari diri sendiri, Dimulai dari hal yang kecil dan Dimulai dari
sekarang.