• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Optimasi Pelayanan Perbaikan Kendaraan Bermotor dengan Model Antrian M/M/C

    Thumbnail
    View/Open
    IENACO-050.pdf (361.4Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Darsini
    Wibowo, Budi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Usaha perbengkelan merupakan usaha dibidang jasa dan sangat pesat perkembangannya mengingat banyaknya pemakai kendaraan sepeda bermotor yang tidak mampu memperbaiki sendiri kendaraannya. Karena banyak pemakai jasa pelayanan dan kurangnya kapasitas pelayanan, maka terjadilah antrian yang sangat panjang. Untuk itu dilakukan penelitian tentang analisis optimasi pelayanan perbaikan kendaraan bermotor dengan model antrian M/M/C, FCFC/~/~ yang bertujuan mengoptimalkan pelayanan perbaikan kendaraan bermotor di bengkel Yamaha Putra Utama Motor Sukoharjo.Tujuan dalam penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui optimasi pelayanaan perbaikan kendaraan sepeda motor pada bengkel Putra Utama Motor Sukoharjo. Metode penelitian dilakukan dengan pembentukan distribusi frekuensi jumlah kedatangan konsumen dan lama waktu pelayanan / perbaikan. Dari penelitian diperoleh data jumlah kedatangan konsumen rata-rata (λ) 3,0 konsumen per jam. Waktu pelayanan rata-rata (t) 37,07 jam per konsumen dan tingkat pelayanan (μ) 1,6 konsumen/jam. Biaya panambahn fasilitas/ rata-rata gaji montir Rp. 5.000,- per montir per jam sehingga perkiraan kisaran biaya tunggu sebesar Rp.2.331,00 sampai dengan Rp. 4.366,81. Rata-rata biaya fasilitas pelayanan atau biaya yang dikeluarkan konsumen untuk mendapatkan pelayanan sebesar Rp. 51.560,44 per konsumen. Maka dapat disimpulkan bahwa jumlah fasilitas yang optimal adalah 4 fasilitas pelayanan dilihat dari segi jumlah fasilitas pelayanan, yang melayani, waktu pelayanan dan fasilitas pelayanan dan tingkat pelayanannya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4536
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV